Warga RI Lebih Banyak Bermain Gim dan Belanja Online saat Tahun Baru

Fahmi Ahmad Burhan
5 Januari 2021, 14:30
Warga RI Lebih Banyak Bermain Gim dan Belanja Online saat Tahun Baru
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexey Malgavko/aww/cf
Kembang api terlihat di atas blok apartemen saat perayaan Tahun Baru di Omsk, Rusia, Jumat (1/1/2021).

Perusahaan telekomunikasi Tri, Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata mengalami lonjakan trafik internet selama libur Natal dan tahun baru. Peningkatan tertinggi yakni penggunaan data untuk bermain gim dan belanja online.

Tri misalnya, mencatatkan kenaikan trafik internet 15% selama libur panjang akhir tahun lalu. “Pelanggan kami menjadi lebih aktif menggunakan platform digital, karena ada pembatasan sosial selama Natal dan tahun baru," kata Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung dikutip dari siaran pers, Selasa (5/1).

Advertisement

Peningkatan penggunaan internet yang terbesar yakni untuk bermain game online. Tri mencatat, trafik data untuk bermain Free Fire milik Garena meningkat 80%.

Berdasarkan laporan datareportal, jumlah pengguna gim secara global mencapai 3,5 miliar pada awal pandemi corona atau tahun lalu. Penjualan game online pun memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah di tengah pagebluk Covid-19.

Laporan SuperData dari Nielsen menunjukkan, uang yang dihabiskan untuk bermain gim meningkat 11% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi US$ 10 miliar atau sekitar Rp 155 triliun pada awal pandemi virus corona tahun lalu.

Selain gim, Tri mencatat bahwa pemanfaatan internet untuk menggunakan media sosial meningkat saat libur Natal dan tahun baru. Untuk WhatsApp naik 20%, sementara TikTok, Instagram, dan Facebook 13%.

Tri Indonesia pun mengoptimalkan jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di pemukiman dan titik keramaian sebelum Natal dan tahun baru. Selain itu, menyediakan Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang.

Sedangkan Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik 13,15% saat libur akhir tahun dibandingkan hari biasa dan 53,28% secara tahunan (year on year/yoy). Lonjakan pemanfaatan internet yang tertinggi yakni untuk mengakses platform e-commerce, 26,55%.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement