Perkuat Bisnis, EV Growth Rekrut Mantan Petinggi MNC hingga Lazada

Perusahaan modal ventura, EV Growth merekrut tiga eksekutif baru. Ketiganya dinilai mampu memperkuat kemampuan EV Growth dalam memberikan pendanaan terhadap startup.
Image title
6 Januari 2021, 16:44
Perkuat Bisnis, EV Growth Rekrut Mantan Petinggi MNC hingga Lazada
EV Growth
EV Growth

Perusahaan modal ventura, EV Growth merekrut tiga eksekutif baru yang berpengalaman di bisnis berbasis teknologi. Ketiganya dianggap mampu memperkuat kemampuan perusahaan dalam memberikan pendanaan terhadap startup di tengah pandemi corona.

Ketiganya yakni David Fernando Audy sebagai Operating Partner, serta Mulyono Xu dan Pascal Christian-Sarana yang menjabat VP of Investment. Managing Partner di EV Growth dan Founding Partner di East Ventures Willson Cuaca mengatakan, ketiganya dapat melengkapi kemampuan EV Growth dalam menjalankan bisnis.

"Mereka membawa pengalaman yang beragam untuk melengkapi tim kami," kata Willson dikutip dari siaran pers, Rabu (6/1). Ketiga eksekutif baru ini berbasis di Jakarta dan akan berkoordinasi intens dengan para pendiri startup portofolio di Indonesia.

David berpengalaman 18 tahun sebagai eksekutif di industri konten dan media. Ia pernah menjabat CEO PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). David juga sempat menduduki posisi direktur di PT Global Mediacom Tbk, yang bergerak di bidang televisi satelit dan penyedia jaringan internet. 

Advertisement

Sebelum bergabung dengan EV Growth, ia merupakan Senior Advisor untuk ThreeBody Capital, dana investasi yang berbasis di Inggris. Ia juga pernah menjadi CEO WeChat Indonesia, Direktur di Rakuten Indonesia, dan merupakan pendiri Okezone.com.

Sedangkan Mulyono merintis karier di beberapa perusahaan raksasa teknologi asal Tiongkok, seperti Huawei dan Alibaba. Ia juga terlibat dalam sebagian besar aksi merger, akuisisi, dan kemitraan strategis Alibaba di Asia Tenggara, seperti dengan Lazada, Tokopedia, dan eWTP.

Mulyono juga pernah dipercaya menjadi Country Manager Taobao Malaysia dan mengisi posisi Chief-level di Lazada Indonesia.

Sebelum bergabung dengan EV Growth, Mulyono merupakan Managing Director di BAce Capital. Di perusahaan ini, ia memimpin tiga kesepakatan pendanaan Seri A dan beberapa investasi tahap awal di Asia Tenggara.

Sedangkan Pascal berpengalaman dalam menjalankan kesepakatan bisnis lintas-negara, seperti investment structuring, merger hingga akuisisi. Sebelum bergabung dengan EV Growth, ia menempati posisi direktur di Rocket Internet.

Pascal mengawali karier di industri keuangan sebagai investment banker di Barclays, Singapura.

Partner di EV Growth dan Managing Partner di SMDV Roderick Purwana mengatakan, EV Growth selalu berdampingan dengan para pendiri startup portofolio sejak berdiri. Ini untuk mendukung perusahaan rintisan mengembangkan bisnis.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, menurutnya sumber daya yang ditawarkan kepada startup menjadi bernilai. "Kombinasi ragam keahlian ketiga eksekutif baru dalam membangun bisnis, mengelola perusahaan, dan investasi, merupakan tambahan yang vital bagi EV Growth," kata Roderick.

EV Growth merupakan perusahaan patungan East Ventures, SMDV, dan YJ Capital Inc. yang berdiri pada Maret 2018. Perusahaan ini berfokus menyediakan dana untuk startup tahap pertumbuhan (growth stage) di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, untuk semua industri (agnostik).

Perusahaan tersebut dipimpin oleh Willson Cuaca dari East Ventures, Roderick Purwana dari SMDV, dan Shinichiro Hori dari Yahoo! Japan Capital Inc dan Batara Eto sebagai Advisor.

(DisclaimerEast Ventures merupakan salah satu investor Katadata)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait