Target Untung, Bukalapak Terapkan Satu Tarif Bagi UMKM Mulai Hari Ini

Desy Setyowati
11 Januari 2021, 11:27
Target Untung, Bukalapak Terapkan Satu Tarif Bagi UMKM Mulai Hari Ini
Bukalapak
CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyampaikan sambutan dalam acara virtual syukuran "11 Tahun #BerkembangBersama Bukalapak\" di Jakarta, Minggu (10/1).

Perusahaan e-commerce, Bukalapak menargetkan pertumbuhan jangka panjang dan meraup keuntungan. Salah satu caranya dengan menerapkan satu tarif bagi penjual yakni 0,5% yang berlaku mulai hari ini (11/1).

CEO Bukalapak Rachmat Kaimudin mengklaim, 0,5% merupakan tarif termurah yang diberikan oleh perusahaan e-commerce terhadap pelanggan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Kami berharap inisiatif ini memudahkan UMKM Indonesia menjadi SuperSeller,” kata dia melalui surat kepada media, Minggu (10/1).

Advertisement

Saat ini, unicorn Tanah Air itu menggaet lebih dari 13 juta UMKM. Sebanyak 6,5 juta di antaranya pelapak online, sementara tujuh juta merupakan warung dan agen Mitra Bukalapak.

“Kami ingin terus tumbuh dalam jangka panjang. Kami merasa bahwa cara terbaik untuk melakukan itu yakni dengan menjaga keseimbangan antara pertumbuhan dan ‘path to profitability’,” ujar Rachmat.

Untuk mencapai target tersebut, Bukalapak berfokus mengembangkan teknologi dan berinovasi. Unicorn ini pun membangun platform inklusif melalui marketplace dan aplikasi online-to-offline (O2O) Mitra Bukalapak.

Selain itu, perusahaan meluncurkan unit bisnis di bidang teknologi finansial (fintech) dan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yakni Buka Investasi Bersama (BIB) pada Oktober 2020. Lalu, menyediakan layanan agregator pengiriman barang, BukaSend.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement