Saingi OVO dan ShopeePay, GoPay Fokus Tumbuh di Dalam dan Luar Gojek

Desy Setyowati
19 Januari 2021, 13:14
Strategi GoPay Kalahkan OVO hingga ShopeePay Tahun Ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gopay

Perusahaan teknologi finansial (fintech), GoPay mencatatkan peningkatan nilai transaksi atau GTV pada tahun lalu atau di tengah pandemi corona. Anak usaha Gojek ini pun menyiapkan strategi untuk mengalahkan pesaing seperti OVO hingga ShopeePay.

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata akan berfokus mengembangkan bisnis di dalam dan luar ekosistem Gojek supaya tumbuh berkelanjutan. “Kami lakukan melalui pengembangan produk dan fitur yang kami miliki serta kerja sama dengan berbagai pihak,” kata dia dikutip dari siaran pers, Selasa (19/1).

Advertisement

Layanan yang akan dikembangkan mengutamakan empat pilar fundamental. Pertama, keamanan, salah satunya dengan menyediakan jaminan ‘Saldo GoPay Kembali’ jika uang pengguna hilang di luar kendali. Selain itu, kosumen dapat mengaktifkan fitur biometrik berupa sidik jari dan verifikasi wajah.

Kedua, kenyamanan, dengan meluncurkan beragam fitur dan layanan baru. Perusahaan mengatakan, beragam inovasi seperti fitur tarik tunai tanpa kartu hingga GoPay Feed mendongkrak penggunaan layanan transfer hingga 3,2 kali lipat selama tahun lalu.

Ketiga, memperhatikan kebutuhan masyarakat. Saat ini, GoPay digunakan di lebih dari 900 mitra usaha. Terakhir, berfokus pada misi sosial. Pada Desember 2020 lalu misalnya, perusahaan meluncurkan studi untuk pengembangan ekosistem filantropi digital di Tanah Air, Digital Donation Outlook.

Selain itu, GoPay berfokus mengembangkan layanan keuangan dengan menggandeng Bank Jago. Sebagaimana diketahui, anak usaha Gojek ini menambah kepemilikan saham di bank digital ini menjadi 22%.

Budi mengatakan, strategi tersebut sejalan dengan momentum peningkatan penggunaan layanan keuangan digital selama 2020. Ia tidak memerinci pertumbuhan maupun nilai transaksi GoPay pada tahun  lalu.

Namun, ia menyampaikan bahwa total tip yang diberikan oleh konsumen kepada mitra pengemudi Gojek mencapai Rp 308 miliar selama tahun lalu. Secara keseluruhan, GoPay sudah digunakan di 390 kota di Nusantara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement