Riset: Kalahkan Tokopedia, Shopee Pimpin Pasar E-Commerce RI 2020

Desy Setyowati
10 Februari 2021, 16:31
Riset: Kalahkan Tokopedia, Shopee Pimpin Pasar E-Commerce RI 2020
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Riset iPrice menunjukkan, Shopee memimpin dari sisi jumlah kunjungan ke platform e-commerce per bulan di Indonesia sepanjang tahun lalu. Sedangkan Tokopedia berada di urutan kedua.

Secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020, jumlah kunjungan ke platform Shopee di Tanah Air yakni 71,53 juta, 93,44 juta, 96,53 juta, dan 129,32 juta. Sedangkan Tokopedia 69,8 juta, 86,1 juta, 85 juta, dan 114,7 juta.

iPrice juga mencatat, jumlah kunjungan ke platform Shopee merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. “Rata-rata total kunjungan website (di Indonesia) selalu di atas 90 juta per bulan selama 2020,” demikian dikutip dari laporan iPrice, Rabu (10/2).

Sedangkan rata-rata kunjungan ke platform Tokopedia 80 juta per bulan sepanjang tahun lalu. “Yang tertinggi terjadi pada kuartal akhir,” demikian dikutip.

Bukalapak berada di urutan ketiga. Jumlah kunjungan ke platform per bulan secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020 yakni 37,63 juta, 35,29 juta, 31,42 juta, dan 38,58 juta.

Dari sisi jumlah pengikut di media sosial, Tokopedia menduduki peringkat pertama di Twitter dengan sekitar 700 ribu follower selama tahun lalu. Disusul oleh Shopee dengan total pengikut sekitar 540 ribu. Peringkat ketiga ditempati oleh Blibli sekitar 510 ribu.

Di Instagram, Shopee Indonesia menduduki peringkat pertama dengan 7,1 juta pengikut. Lalu Lazada 2,6 juta dan Tokopedia 2,4 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...