East Ventures dan Traveloka Investasi Rp 15,4 M ke Startup Member.id

East Ventures dan Traveloka menyuntik modal startup program loyaltas, Member.id US$ 1,1 juta. Dana ini akan digunakan untuk mengembangkan bisnis konten yang dinilai potensial.
Image title
18 Februari 2021, 10:04
East Ventures dan Traveloka Investasi Rp 15,4 M ke Startup Member.id
East Ventures
CEO Member.id Marianne Rumantir dan pelopor platform Travel Secrets, Luna Maya

Perusahaan modal ventura, East Ventures dan unicorn Traveloka berinvestasi US$ 1,1 juta atau Rp 15,4 miliar di startup program loyalitas Member.id. Tambahan modal dari pendanaan seri A ini bakal digunakan untuk ekspansi ke bisnis konten.

Member.id pun menggaet platform konten perjalanan Travel Secrets yang dipelopori oleh Marianne Rumantir dan Luna Maya. Kolaborasi ini menghasilkan TS Media yang akan berfokus pada produksi konten.

TS Media juga akan menjadi divisi baru di Member.id. “Dengan membuat konten berkualitas di beberapa platform digital, kami mengembangkan kemampuan. Bukan hanya memproduksi konten seputar wisatatetapi juga kuliner, olahraga, gaya hidup, kecantikan, keuangan, dan e-sports,” kata Co-founder sekaligus CEO Member.id Marianne Rumantir dalam siaran pers, Rabu (17/2).

Member.id merupakan platform yang membantu perusahaan mengelola program loyalti. Platform ini memungkinkan pengguna mengubah poin ke berbagai macam hadiah.

Model usahanya business to business (B2B). Beberapa perusahaan yang menggunakan jasa Member.id yakni Ismaya Group, Djarum Group, Garuda Indonesia.

Startup itu sempat berencana merambah layanan business to consumer (B2C) melalui loyalty wallet. Ini merupakan points agregator yang menghubungkan royalty program dari dua atau lebih platform berbeda.

Kini, Member.id merambah bisnis konten. Dana segar dari East Ventures dan Traveloka itu pun akan dialokasikan untuk meningkatkan sumber daya, merekrut talenta baru, dan memproduksi konten digital yang lebih beragam.

"Kami membuat program-program dengan talenta baru sehingga bisa menjangkau banyak audiens," kata Marianne. Ini bertujuan agar ada lebih banyak merek (brand) dari berbagai industri yang dapat bermitra dengan Member.id.

Member.id juga bekerja sama strategis dengan Traveloka di bidang konten. "Dengan meproduksi konten tentang wisata domestik, kami bisa berkontribusi besar untuk mendorong kenaikan permintaan di Traveloka," kata Co-founder sekaligus Chief Strategy Officer Member.id Robert Tedja.

Jaringan mitra (merchant) di industri pariwisata dari Traveloka juga dapat menjadi sumber pandapatan anyar Member.id. "Strategi yang bertumpu pada konten, membuka pintu peluang baru bagi pengguna dan mitra bisnis Traveloka di bidang travel dan gaya hidup,” kata Presiden Traveloka Group Caesar Indra.

Potensi bisnis konten yang dirambah oleh Member.id memang cukup besar. Data App Annie menunjukkan, rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan 5,2 jam per hari untuk mengakses internet melalui ponsel sepanjang tahun lalu. Lama waktu ini merupakan yang tertinggi di dunia.

Setiap bulan, pengguna internet di Indonesia menghabiskan rata-rata 25,9 jam untuk mengakses YouTube. Sedangkan waktu yang dihabiskan untuk membuka platform Facebook dan Instagram masing-masing 17 jam, lalu TikTok 13,8 jam.

Seiring dengan lamanya masyarakat Indonesia beraktivitas di dunia maya, kreator konten pun bermunculan. Mereka menarik jutaan pengikut dari beragam platform media sosial.

"Salah satu tren utama saat ini yaitu kelahiran creator economy. Ini juga bagian dari solusi yang ditawarkan oleh Member.id," kata Co-founder sekaligus Managing Partner di East Ventures Willson Cuaca.

Sebelumnya, Member.id mendapatkan pendanaan pra-seri A dari East Ventures, Ace Capital, dan beberapa angel investor pada 2018 lalu. Namun, nilainya tidak disebutkan.

(DisclaimerEast Ventures adalah salah satu investor Katadata)

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Video Pilihan

Artikel Terkait