Andalkan Cip dan Kamera, Xiaomi Rilis Redmi 9T di Indonesia

Xiaomi resmi meluncurkan Redmi 9T di Indonesia pada hari ini, dan dijual resmi mulai Rabu. Spesifikasi ponsel ini dinilai mirip Poco M3.
Image title
22 Februari 2021, 17:21
Andalkan Cip dan Kamera, Xiaomi Rilis Redmi 9T di Indonesia
Mi.co.id
Redmi 9T

Produsen ponsel pintar (smartphone) asal Tiongkok, Xiaomi meluncurkan Redmi 9T di Indonesia pada hari ini (22/2). Kualitas gadget ini disebut-sebut mirip Poco M3 yang mengandalkan kemampuan cip (chipset) dan kamera. 

Konsumen di Tanah Air dapat membeli produk anyar itu mulai Rabu (24/2). "Xiaomi Redmi 9T bisa kamu beli mulai Rabu (24/2) Pukul 12.00 WIB," kata Xiaomi Indonesia melalui akun Twitter @XiaomiIndonesia, Senin (22/2).

Gawai tersebut bisa dibeli melalui Mi.com, JD.ID, serta jaringan Erafone dan Authorized Mi Shops.

Redmi 9T mempunyai banyak kesamaan dengan Poco M3 yang diluncurkan pada bulan lalu. Resolusi kamera kamera utama misalnya, 48 Megapiksel (MP). Hasil uji coba Gizmochina menunjukkan, gambar yang diambil menggunakan kamera lensa wide 48 MP tergolong jernih. 

Namun Redmi 9T dan Poco M3 tidak memiliki fitur anti-guncangan atau optical image stabilizer (OIS). Untuk itu, pengguna harus berhati-hati saat mengambil gambar ketika pencahayaan minim. 

Redmi 9T dan Poco M3 juga mempunyai komposisi kamera makro dan depth dengan resolusi masing-masing 2 MP.  Kedua ponsel ini juga dilengkapi kamera depan dengan sensor 8 MP.

Berdasarkan laporan Gizmochina, kelebihan Redmi 9T yaitu mempunyai kamera ultra-wide di belakang dengan resolusi 8 MP. Kamera ini dapat digunakan untuk memotret objek dengan sudut lebar hingga 120 derajat.

Kesamaan lainnya yakni pada kapasitas baterai 6.000 mAh. Redmi 9T mengusung kampanye 'jawaranya baterai gede'. Kecepatan pengisian pun sama yaitu 18 W.

Sebelumnya, Gizmochina menguji coba konsumsi baterai 6.000 mAh pada Poco M3. Dalam satu jam bermain gim PUBG, daya yang dihabiskan 14%. Sedangkan penggunaan kamera selama sejam menghabiskan 12% daya.

Kemudian, penggunaan aplikasi media sosial dan video masing-masing menghabiskan 6% daya.

Redmi 9T dan Poco M3 juga mengandalkan cip Qualcomm Snapdragon 662. Ini dikombinasikan dengan prosesor hemat energi 11 nm.

Cip dan kapasitas memori tersebut memungkinkan ponsel mendukung penggunaan game online dan banyak aktivitas sekaligus. Namun, resolusi gim dan kualitas grafis harus dikurangi terlebih dulu agar sistem berjalan lancar.

Saat bermain PUBG misalnya, aplikasi tidak mengizinkan pemain mengaktifkan grafis HD atau yang lebih tinggi. Pengguna hanya dapat memilih opsi kecepatan frame sedang atau di bawah grafis seimbang.

Namun jurnalis Gizmochina yang menjajal cip Snapdragon 662 pada Poco M3 menilai, pengalaman bermain gim tetap baik meski sistem tidak berjalan mulus sepenuhnya.

Kedua smartphone juga mempunyai fitur keamanan yang sama seperti sensor sidik jari di samping atau menyatu dengan tombol power. Lalu, fitur pemindai wajah berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) untuk membuka kunci perangkat.

Redmi 9T dan Poco M3 juga memiliki layar dengan tipe yang sama yakni 6,53 inci IPS LCD dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Selain itu, kedua smartphone ini menerapkan sistem MIUI 12 berbasis Android 10.

Harga Redmi 9T juga hampir sama dengan Poco M3. Xiaomi Redmi 9T varian 4GB+64GB dibanderol Rp 1.899.000 dan Rp 2.299.000 untuk 6GB+128GB.

Sedangkan Poco M3 dijual Rp 1.799.000 untuk kapasitas RAM 4GB+64GB. Untuk varian 6GB+128GB dibanderol Rp 2.199.000.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Video Pilihan

Artikel Terkait