Akulaku Ungkap Daftar Produk Online yang Diminati Jelang Lebaran

Desy Setyowati
30 April 2021, 16:31
Akulaku Bagikan Daftar Produk Online yang Diminati Jelang Lebaran
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Kredivo dan Akulaku Group menjabarkan deretan produk online, yang dilirik konsumen menjelang lebaran. Kedua perusahaan pun menyiapkan promosi untuk mendorong transaksi.

Akulaku memiliki dua anak usaha yakni Akulaku Silvrr Indonesia yang menyediakan marketplace dan Akulaku Finance Indonesia yang memberikan pembiayaan. Berdasarkan data Akulaku Silvrr, busana menjadi produk yang paling banyak dicari oleh konsumen jelang lebaran.

“Lebih spesifik lagi fashion muslim. Kemudian aksesori seperti jam tangan atau anting,” kata Head of Business Akulaku Silvrr Yudhistira Luntungan saat diskusi virtual bertajuk ‘Mengoptimalkan Peluang UMKM di Era Kebiasaan Baru’, Jumat (30/4).

Di tengah pandemi corona, produk berupa hampers atau kado juga diminati. Ini karena mobilitas masyarakat masih dibatasi.

Kondisi tersebut juga membuat daya beli konsumen meningkat, karena uang yang tidak digunakan untuk pulang kampung dapat dipakai berbelanja. “Kami bisa bilang, tren belanja sekarang lebih tinggi,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan transaksi, Akulaku pun menggelar promosi. Namun, Yudhistira tidak memerinci penawaran yang akan diberikan.

Berdasarkan riset Katadata Insight Center dan Kredivo bertajuk ‘Indonesia E-commerce Behavior Report 2020’, nilai transaksi produk kategori gadget, fashion dan perlengkapan rumah tangga merupakan yang terbesar menjelang lebaran.

Selain itu, terjadi peningkatan nilai transaksi hingga 1,8 kali pada lebaran kedua dibanding dengan hari  biasa. Pembelian produk secara signifikan terjadi saat ada festival belanja dengan beragam penawaran.

Oleh karena itu, Kredivo juga menggencarkan promosi untuk mendorong transaksi. Promo yang diberikan berupa cicilan 0% untuk tiga dan enam bulan digelar 25 April hingga 1 Mei.

Lalu, diskon hingga 500 ribu khusus pembelanjaan di merchant offline maupun online hingga 12 Mei. Saat ini, Kredivo bekerja sama dengan ribuan merchant e-commerce dan ritel seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, Blibli,  JD.ID, IKEA, Erafone hingga Alfamart.

“Pengguna dapat membeli barang apapun, di mana pun dan kapan pun dengan bunga 0%, tenor yang panjang dan tanpa proses yang berbelit,” kata General Manager Kredivo Lily Suriani dalam siaran pers, Senin (26/4).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan, Desy Setyowati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...