Gojek Gaet Kaesang - Dokter Tirta untuk Ulas Produk UMKM Lewat GoPlay

Gojek menggaet Kaesang Pangarep hingga dokter Tirta untuk memasarkan produk UMKM. Decacorn ini juga membuat fitur e-commerce di platform pesaing Netflix, GoPlay.
Image title
7 Mei 2021, 14:05
Gojek Gaet Kaesang - Dokter Tirta untuk Ulas Produk UMKM Lewat GoPlay
Gojek
Ilustrasi layanan GoPlay

Gojek menggaet putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep hingga influencer dokter Tirta untuk memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemasaran dilakukan lewat platform video on demand (VoD) GoPlay dan siaran langsung (live streaming) interaktif.

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, berbagai talk show inspiratif disediakan sejak Maret untuk mendorong pelaku UMKM memanfaatkan layanan digital live stream. “Kami pun menggandeng banyak sosok entrepreneur muda sukses untuk berbagai tips dalam mengembangkan usaha,” ujar dia dalam siaran pers, Jumat (7/5).

GoPlay menggaet influencer seperti Kaesang dan dokter Tirta karena dinilai bisa menularkan semangat mengembangkan usaha kepada mitra UMKM. Pada akhir bulan lalu (27/4) misalnya, GoPlay menggelar live streaming Sang Pisang Mendunia yang menghadirkan Kaesang selaku CEO GK Hebat dan CMO Ansari Kadir.

GK Hebat merupakan perusahaan yang membawahi sejumlah brand seperti Sang Pisang, Yang Ayam, dan lainnya melalui pola kemitraan bisnis dengan pelaku UMKM. Kaesang sebagai pendiri Sang Pisang memberikan tips kepada pelaku usaha lewat talk show tersebut.

Advertisement

Lalu, dokter Tirta yang merupakan pemilik layanan jasa cuci sepatu Shoes and Care memasarkan sepatu brand lokal dalam tajuk acara Plus Enam Dua pada awal Mei. Dokter Tirta juga menggagas bazar Solevacation, yang menghadirkan berbagai sepatu berkualitas buatan UMKM.

Selain mendapatkan tips, pebisnis dapat memasarkan produk secara langsung lewat fitur interaktif live ecommerce. Melalui fitur ini, konsumen bisa menonton konten tayangan produk secara gratis dan melakukan pembelian secara realtime.

Fitur live ecommerce itu menghubungkan konsumen ke platform penjualan UMKM, baik e-commerce, situs website mandiri, media sosial, dan lainnya. “Ini agar mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” kata Edy.

Ia mengklaim, Tokio Kitchen yang berpartisipasi dalam acara perdana pada awal Maret lalu, mencatatakan peningkatan pendapatan hingga 10 kali lipat. Tokio Kitchen merupakan usaha restoran masakan Jepang di Mangga Besar, Jakarta.

Selain itu, GoPlay menggaet Goorita utnuk memasarkan produk UMKM ke pasar global. Edy menyampaikan, kolaborasi ini menghasilkan berbagai inisiatif seperti rangkaian program edukasi secara live streaming bagi pelaku UMKM yang melibatkan multi stakeholder.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait