Transaksi Layanan Kebutuhan Pokok Gojek Naik Hampir 5 Kali Lipat

Gojek mencatatkan peningkatan transaksi layanan kebutuhan pokok hampir lima kali lipat saat ramadan. Decacorn juga mencatat perubahan tren kebiasaan belanja online, dan pasar potensial baru.
Desy Setyowati
31 Mei 2021, 11:52
Transaksi Layanan Kebutuhan Pokok Gojek Naik Hampir 5 Kali Lipat
Instagram/@gomartindonesia
Logo GoMart besutan Gojek

Gojek mencatatkan peningkatan transaksi pada layanan kebutuhan pokok, GoMart selama ramadan hampir lima kali lipat dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Jumlah pengunjung ke platform juga tumbuh 1,5 kali lipat.

Head of Marketing GoMart Yoel Wijaya menyampaikan, kenaikan itu tidak terlepas dari evolusi GoMart sejak akhir tahun lalu. “Kami meluncurkan beragam inisiatif seperti memberikan rekomendasi resep berbuka dan sahur, menyajikan promo khusus hingga berbagi voucer lewat misi ajak teman,” katanya dalam siaran pers, Senin (31/5).

GoMart pun menyediakan asisten belanja yang disebut Emak Jago yang terdiri dari ratusan ibu rumah tangga pada April. Mereka telah diberikan pelatihan.

Mereka bertugas membelikan pesanan pengguna GoMart, yang kemudian diantarkan oleh mitra pengemudi Gojek. Emak Jago tersedia di seluruh supermarket di 31 mitra, termasuk LotteMart.

GoMart juga menambah tiga fitur baru yakni otomatis perbarui stok harian hingga empat kali sehari, komunikasi dengan Emak Jago lewat telepon atau SMS, dan rekomendasi resep.

Gojek menyampaikan bahwa transaksi GoMart dengan adanya layanan-layanan anyar tersebut. “Salah satu layanan unggulan kami yakni kehadiran asisten belanja yang terlatih dan berpengalaman Emak Jago,” ujar Yoel.

GoMart juga mencatat beberapa tren baru kebiasaan belanja bahan makanan online selama ramadan. Pertama, buah merupakan produk segar yang paling banyak dipesan. Disusul daging beku, daging dan ayam segar, sayuran, serta makanan laut (seafood).

Kedua, produk sembako yang paling banyak dibeli lewat GoMart yaitu minyak goreng, gula pasir dan beras. Ketiga, konsumen biasanya berbelanja pada akhir pekan, sekitar Pukul 16.00 hingga 17.00.

Terakhir, pengguna layanan kebutuhan pokok berbasis online meluas. GoMart mencatatkan, pertumbuhan pengguna baru tertinggi di Semarang, Malang, dan Surabaya saat ramadan. Sedangkan volume order tertinggi di Jakarta, Bogor Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), lalu Surabaya dan Semarang.

Gojek pun mencatatkan peningkatan transaksi layanan penyedia bahan pokok, GoMart tujuh hingga delapan kali lipat tahun lalu. Decacorn Indonesia ini pun menyasar 11 kota besar yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait