Jelang IPO, Grab Ungkap Alasan Fokus Incar UMKM saat Pandemi

Fahmi Ahmad Burhan
8 Juni 2021, 19:48
Jelang IPO, Grab Ungkap Alasan Fokus Incar UMKM saat Pandemi
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Mitra pengemudi Grab memarkirkan motor di parkiran khusus Grab , Mall FX, Jakarta Selatan (22/11/2018).

Grab berencana mencatatkan saham perdana alias IPO di bursa Amerika Serikat (AS) lewat perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau SPAC Altimeter Growth. Decacorn Singapura ini pun berfokus menyasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Sejak pandemi Covid-19 atau tahun lalu, kami masif on-board banyak UMKM di daerah untuk bergabung ke Grab," kata Region Head of Kalimantan and Rest of Indonesia Grab Indonesia Abriyani Muharommah di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (8/6).

Advertisement

Untuk itu, perusahaan gencar menggaet pemerintah daerah (pemda) dan rutin menggelar sosialisasi di beberapa wilayah setiap bulan. “Ada bazar online untuk proses delivery layanan GrabExpress," katanya.

Selain itu, menjalankan program Klub Juragan GrabExpress (KJGE) yang memudahkan UMKM mengakses informasi terkait digitalisasi bisnis.

Dengan strategi tersebut, Grab berhasil menggaet enam juta UMKM. Layanannya juga tersedia di 260 kabupaten/kota di Indonesia.

Ia mengatakan, potensi segmen UMKM besar. Di Tarakan misalnya, ada 13.427 pelaku usaha. “Banyak orang juga menghabiskan waktu dengan berwisata kuliner di sini," katanya.

Walikota Tarakan Khairul menambahkan, UMKM di Tarakan berkontribusi sekitar 60%-70% produk domestik regional bruto (PDRB) kota. Oleh karena itu, ia mendorong lebih banyak pelaku usaha untuk mendigitalisasikan bisnis.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement