Penjualan Suvenir hingga Alat Seserahan di Tokopedia Naik 4 Kali Lipat

Fahmi Ahmad Burhan
14 Juni 2021, 17:20
tokopedia, e-commerce, penjualan tokopedia, pandemi corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/foc.
Pengunjung melihat produk jasa pernikahan yang dipamerkan di salah satu Mall di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (9/6/2021).

Perusahaan e-commerce, Tokopedia mencatat, transaksi kategori pernikahan meningkat empat kali lipat secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal II. Barang yang paling banyak dibeli yakni suvenir dan alat seserahan.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, berbelanja keperluan pernikahan secara online menjadi tren selama pandemi corona. Produk seperti suvernir, alat seserahan hingga dekorasi bahkan meningkat sampai 10 kali lipat.

Advertisement

“Kategori ini benar-benar mencatatkan pertumbuhan luar biasa," kata Ekhel saat konferensi pers virtual, Senin (14/6).

Penyedia layanan pernikahan yang masuk ekosistem Tokopedia, Bridestory misalnya, mencatatkan beberapa perubahan tren pencarian produk untuk hajatan. Pertama, waktu persiapan menjadi lebih mepet saat pandemi.

Berdasarkan survei Bridestory, 31,54% dari 20.105 responden mengatakan bahwa persiapan untuk menikah hanya tiga bulan. Padahal sebelumnya, banyak dari konsumen yang menyiapkan pernikahan lebih dari tiga bulan.

Konsumen pun mengandalkan platform online untuk mencari kebutuhan untuk keperluan pernikahan. "Dalam waktu singkat mereka mencari-cari kebutuhan nikah secara online," ujar Senior Head of Wedding Business Bridestory Gisela Setyawan.

Kedua, pandemi Covid-19 membuat kuota undangan pernikahan menjadi sedikit guna menghindari kerumunan. Rerata hanya mengalokasikan 90 tamu undangan yakni 30 saat akad dan 60 orang untuk resepsi.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement