Viral Foto Wajah Diubah Jadi Kartun di Instagram – TikTok, Ini Caranya

Fitur ubah foto wajah menjadi kartun menjadi tren di media sosial. Pengguna harus mengunduh aplikasi khusus untuk bisa melakukannya.
Image title
15 Juni 2021, 18:03
Viral Foto Wajah Diubah Jadi Kartun di Instagram – TikTok, Ini Caranya
Google Play Store
Aplikasi ubah foto wajah menjadi kartun

Warganet ramai mengunggah foto diri dalam bentuk kartun di Instagram hingga TikTok. Untuk bisa menampilkan konten serupa, bisa menggunakan aplikasi seperti Voila AI Artist.

Voila merupakan aplikasi editor foto yang tersedia di toko aplikasi App Store dan Google Play Store. Platform ini dibuat oleh pengembang yang berbasis di Inggris, Wemagine.AI.

Aplikasi itu dilengkapi dengan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). “Ini dapat mengubah foto menjadi  kartun," demikian dikutip dari Pocket Lint, Selasa (15/6).

Secara teknis, aplikasi itu memiliki empat mode manipulasi yakni kartun 3D, lukisan renaissance, kartun 2D, dan karikatur. Mode kartun 3D merupakan yang paling populer.

Advertisement

Untuk mengubah foto wajah menjadi kartun, pengguna harus mengunduh aplikasi terlebih dulu. Lalu, memilih mode karakter.

Setelah itu, memilih foto baik dengan memotret langsung maupun mengambil dari berkas yang ada di ponsel. Kemudian foto diubah menjadi kartun.

Proses pengubahan bisa saja gagal, jika foto tidak memenuhi kualifikasi.

Apabila ada dua objek berbeda dalam satu foto, pengguna bisa memilih salah satu yang akan diubah.

Setelah diubah, pengguna dapat memilih tiga filter berbeda sekaligus. Pada mode kartun 3D misalnya, pengguna bisa menggunakan filter royalty 3D, baby 3D, dan cartoon 3D.  

Voila akan menyandingkan ketiga opsi filter itu dengan foto asli dalam tampilan kolase. Setelah itu konten bisa disimpan dan diunggah di media sosial seperti Instagram, Facebook maupun TikTok.

Apabila ingin mengedit foto ke tingkat lebih lanjut atau menghilangkan iklan di aplikasi, pengguna bisa memilih layanan berbayar Voila Pro.

Pengembang membanderol harga langganan US$ 2 atau Rp 28 ribu per minggu, US$4 atau Rp 57 ribu per bulan, atau US$ 21 atau Rp 299 ribu per tahun.

Aplikasi tersebut dirilis pada 18 Maret, dan diperbarui 31 Mei. Platform ini diunduh lebih dari 10 juta kali hingga saat ini.

Namun, CNET melaporkan bahwa aplikasi mengumpulkan informasi pribadi, perangkat, dan aktivitas online. Data-data ini kemudian dibagikan ke pihak ketiga dan pengiklan.

Aplikasi juga mengungkapkan informasi pribadi kepada salah satu perusahaan afiliasi, atau subkontraktor. "Saat Anda menggunakan versi gratis aplikasi, kami bekerja dengan mitra periklanan untuk menampilkan iklan di dalam aplikasi," kata Wemagine.AI dikutip dari CNET, Minggu (13/6).

Iklan itu kemudian dikirimkan oleh mitra periklanan dan dapat ditargetkan berdasarkan penggunaan atas aplikasi atau aktivitas pengguna. Meski begitu, perusahaan induk aplikasi mengaku akan menghapus foto pengguna dalam 24 hingga 48 jam setelah foto terakhir digunakan oleh aplikasi.

Selain Voila AI Artist, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah foto wajah menjadi kartun. Platform itu di antaranya Cartoon Photo Editor, ToonMe, PicsKit hingga Prisma Photo Editor.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait