Empat Rahasia Xiaomi yang Bisa Kalahkan Penjualan Ponsel Apple
Xiaomi menggeser posisi Apple dengan penjualan ponsel pintar (smartphone) terbanyak kedua di dunia pada kuartal II. Canalys menilai, perusahaan asal Tiongkok ini mengandalkan empat strategi untuk mendongkrak pengiriman.
Canalys mencatat, pengiriman ponsel Xiaomi meningkat 83% secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal II. Sedangkan penjualan gawai Apple hanya tumbuh 1%.
Alhasil pangsa pasar Xiaomi mencapai 17% secara global, melampaui Apple 14%. Posisi pertama masih ditempati oleh Samsung dengan 19%.
Canalys mengungkapkan setidaknya empat strategi Xiaomi untuk mendongkrak penjualan. Pertama, mempercepat ekspansi.
"Xiaomi mengembangkan bisnis luar negeri dengan cepat," kata manajer riset Canalys Ben Stanton dikutip dari CNBC Internasional, akhir pekan lalu (16/7).
Di Amerika Serikat (AS) misalnya, pengiriman ponsel Xiaomi naik 300% yoy. Di Eropa Barat meningkat 50%.
Kedua, menggenjot produksi dan meluncurkan banyak produk baru. Asia Nikkei Review melaporkan, Xiaomi memesan komponen dan suku cadang hingga 240 juta unit kepada pemasok.
Jumlah tersebut jauh melebihi pesanan tahun lalu. Oleh karena itu, pengiriman ponsel Xiaomi sudah diprediksi akan melampaui tingkat rata-rata pengiriman tahunan iPhone.