Bidik UMKM, Emtek dan Grab Berintegrasi dengan Bukalapak

Fahmi Ahmad Burhan
26 Juli 2021, 15:48
grab, emtek, integrasi emtek grab, bukalapak, ovo, gojek, tokopedia
Emtek, Grab
Logo Emtek dan Grab

Kolaborasi Grab dan Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) makin kuat, dengan melibatkan Bukalapak. Keduanya juga menyasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang dibidik oleh Gojek dan Tokopedia.

Grab dan Emtek membuat program kolaborasi berupa akselerasi UMKM bernama Festival Kota Mapan, yang akan digelar pada September mendatang. Kedua perusahaan menyasar UMKM di kota tingkat (tier) dua dan tiga.

Kota tier dua atau rising urbanites misalnya, Makassar, Denpasar, dan Semarang. Sedangkan tier tiga atau slow adapters seperti Magelang, Prabumulih, dan Bangli.

Festival Kota Mapan tahap pertama bakal digelar di Solo, Jawa Tengah. Grab dan Emtek menargetkan 1.000 UMKM terdigitalisasi. “Kolaborasi ini untuk menghadirkan digitalisasi UMKM yang lebih luas,” ujar Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi saat konferensi pers virtual, Senin (26/7).

UMKM yang berpartisipasi akan mendapatkan akses layanan digital di berbagai platform afiliasi. Neneng mencontohkan, UMKM bisa mengandalkan Bukalapak untuk memasarkan produk dan GrabExpress terkait pengiriman barang.

Grab dan Emtek juga mengintegrasikan berbagai platform terafiliasi seperti Bukalapak. Emtek memiliki saham di Bukalapak melalui anak usaha, Kreatif Media Karya.

Emtek juga menjadi salah satu investor platform teknologi finansial (fintech) pembayaran DANA. Sedangkan Grab merupakan pemegang saham OVO, bersama dengan Tokopedia.

Layanan Bukalapak akan terintegrasi dengan GrabExpress. Lalu produk video on-demand Vidio.com masuk ke platform Grab.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...