Twitter ‘Bunuh’ Fitur Mirip InstaStory Fleets, Fokus Saingi Clubhouse

Fahmi Ahmad Burhan
4 Agustus 2021, 14:47
twitter, Fleets, Clubhouse,
Reuters
Twitter

Twitter resmi menghilangkan fitur mirip InstaStory, Fleets per hari ini (4/8). Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini memindahkan ragam komponen yang ada di fitur ini ke obrolan suara, Spaces, untuk menyaingi Clubhouse.

Raksasa teknologi itu mengumumkan penghapusan Fleets pada Selasa (3/8). "Jika Anda biasa melihat Fleets, kini tidak lagi," kata Twitter melalui akun @Twitter, hari ini (4/8).

Fleets merupakan fitur yang bisa digunakan pengguna dengan cara mengunggah foto layar penuh, video, reaksi terhadap tweet atau teks biasa. Unggahan kemudian hilang setelah 24 jam.

Fitur itu mirip seperti InstaStory yang dimiliki Instagram, dan mirip dengan konsep Snapchat.

Bagian atas linimasa, yang sebelumnya diisi oleh Fleets, dialihfungsikan untuk fitur Spaces. Fitur ini mirip Clubhouse, yang dikembangkan oleh Twitter sejak akhir tahun lalu.

Spaces memungkinkan pengguna berbagi klip audio lewat cuitan dan pesan langsung atau direct message (DM). Undangan untuk ruang obrolan diberikan lewat DM atau tautan.

Twitter tidak akan langsung menghilangkan semua komponen teknologi Fleets. Perusahaan bakal membawa elemen dari komposer Fleets ke tweet standar. Ini termasuk komponen kamera layar penuh, opsi format teks, dan stiker GIF.

Apabila pengguna ingin mengunggah foto layar penuh, video, reaksi terhadap tweet, maka akan dialihkan ke fitur kamera yang ada di menu unggah cuitan pada umumnya.

Fleets hanya mampu bertahan delapan bulan di platform Twitter. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada November 2020.

Twitter menghapus fitur itu karena dianggap gagal membawa pengguna baru. Menurut perusahaan, orang-orang yang menggunakan Fleets hanya mengunggah cuitan mereka sendiri, dengan tujuan memperkuat jangkauan. 

"Sejak memperkenalkan Fleets kepada semua orang, kami belum pernah melihat peningkatan jumlah orang baru yang bergabung dalam percakapan, seperti yang diharapkan," kata Vice President of product Twitter Ilya Brown dikutip dari India Today, pada Juli (15/7).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait