Penjualan Produk Kecantikan di Shopee & Tokopedia Melonjak saat Corona

Fahmi Ahmad Burhan
2 September 2021, 16:58
Shopee, tokopedia, e-commerce
Tokopedia, Shopee
Logo Tokopedia dan Shopee

Shopee dan Tokopedia mencatatkan lonjakan penjualan produk kecantikan selama pandemi corona. Kedua e-commerce ini pun mengungkap tren transaksi untuk kategori ini.

"Di tengah kondisi pandemi, ada peningkatan penjualan produk kecantikan," kata Head of FMCG dan Electronics Putri Lukman dalam acara Bincang Shopee 9.9 Super Shopping Day: Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern, Kamis (2/9). Namun ia tidak memerinci peningkatannya.

Setidaknya ada tiga tren transaksi produk kecantikan selama pandemi corona, sebagai berikut:

1. Meningkatnya penjual atau brand produk kecantikan lokal

Shopee mencatat, muncul beberapa merek kecantikan lokal. Transaksinya cukup tinggi selama pandemi Covid-19. Namun, Putri enggan memerinci angkanya.

"Ini mendorong penjualan. Perkembangan produk perawatan kulit (skincare) di Shopee juga sangat baik," kata Putri.

Founder Somethinc Irene Ursula sepakat bahwa tingkat kepercayaan konsumen Tanah Air terhadap produk lokal meningkat saat pandemi corona. "Kalau dua tahun lalu, pelanggan belum percaya produk lokal,” ujarnya.

2. Masyarakat tetap membutuhkan produk perawatan tubuh meski aktivitas di luar rumah dibatasi

PhD Dermatology Claudia Christin mengatakan, masalah kulit tetap muncul meski lebih banyak beraktivitas di rumah. "Selain itu, orang di rumah sering terkena AC. Itu akan memberikan perubahan pada kulit," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...