Strategi Traveloka saat Pandemi: Rambah E-Commerce – Saingi GoFood

Fahmi Ahmad Burhan
13 September 2021, 13:00
Traveloka, unicorn, e-commerce,
Traveloka
Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD City, Tangerang, Kamis (18/3/2021).

Sektor pariwisata yang digarap oleh Traveloka terkena dampak pandemi corona. Meski begitu, unicorn ini melakukan beberapa strategi seperti berinvestasi di startup solusi e-commerce Sirclo dan merambah bisnis pesan-antar makanan.

Traveloka berpartisipasi dalam putaran pendanaan Sirclo US$ 36 juta. Investasi ini dipimpin oleh East Ventures (Growth Fund) dan Saratoga Investama Sedaya, diikuti Sinar Mas Land.

“Kami berterima kasih atas dukungan para investor yang berpartisipasi pada pendanaan ini. Dengan suntikan dana ini, kami berencana membangun momentum tingginya minat konsumen untuk berbelanja di kanal e-commerce selama masa pandemi dan setelahnya,” kata Pendiri sekaligus CEO Sirclo Brian Marshal dalam siaran pers, akhir pekan lalu (11/9).

Sirclo merupakan perusahaan solusi e-commerce yang membantu merek atau brands berjualan online. Startup ini menawarkan solusi entrepreneur dan enterprise.

Pada kategori entrepreneur, Sirclo menawarkan Sirclo Store dan IbuSibuk. Sirclo Store yakni dasbor toko online Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM )untuk berjualan di multiple platforms seperti website, marketplace, chat commerce.

Sedangkan IbuSibuk merupakan solusi pemberdayaan komunitas Ibu untuk menjadi Key Opinion Leaders (KOL), micro-influencers, serta resellers.

Pada kategori enterprise, startup itu menawarkan layanan e-commerce enabler melalui Sirclo Commerce, platform B2B2C, dan Orami. Sirclo Commerce yaitu solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by Sirclo.

Platform B2B2C menyediakan produk ibu dan anak untuk toko ritel melalui Sooplai. Lalu Orami merupakan platform parenting yang menggabungkan commerce, content, dan community dalam satu ekosistem.

Sirclo melayani lebih dari 100 ribu brands saat ini.

Pada Februari, Traveloka juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan seri A Member.id. Startup ini menyediakan platform yang membantu perusahaan mengelola program loyalti. Platform ini memungkinkan pengguna mengubah poin ke berbagai macam hadiah.

Selain investasi di startup, Traveloka menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi lamanya sektor pariwisata pulih. Setidaknya ada empat strategi lain yang dilakukan, yakni:

1. Merambah bisnis pesan-antar makanan

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...