IndiHome dan Telkomsel Pulih 100%, Telkom Tetap Beri Kompensasi

Fahmi Ahmad Burhan
24 September 2021, 12:27
Telkom, Telkomsel, IndiHome,
Arief Kamaludin|KATADATA
Logo Telkom Indonesia

Telkom menyampaikan bahwa layanan internet IndiHome dan Telkomsel pulih 100%. Namun perusahaan berpelat merah ini tetap akan memberikan kompensasi kepada pengguna yang terkena dampak gangguan akhir pekan lalu.

“Kapasitas bandwidth mencapai target pemulihan 100% layanan. Ini seiring dengan bertambahnya kapasitas 1 Tbps kemarin malam (23/9),” ujar Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono dalam keterangan pers, Jumat (24/9).

Pujo menyampaikan, percepatan pemulihan layanan internet IndiHome dan Telkomsel tidak terlepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan. Caranya, dengan mengaktifkan jalur cadangan (back up) dan alternatif, khususnya untuk wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Telkom mencatat, gangguan pada layanan IndiHome dan Telkomsel akhir pekan lalu disebabkan oleh masalah pada sistem komunikasi kabel bawah laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam – Pontianak.

Berdasarkan identifikasi, gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer (km) lepas pantai Batam, pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Pujo mengatakan, Telkom tengah menyiapkan tim, cableshop, dan kebutuhan lain untuk untuk mempercepat proses penyambungan kabel bawah laut JaSuKa. Telkom memperkirakan, perbaikan ini baru akan selesai pada pekan kedua Oktober, atau bahkan bisa lebih cepat.

Pada saat yang sama, Telkom melakukan upaya rerouting dan back-up link. Alhasil, layanan internet IndiHome dan Telkomsel kembali normal.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...