IndiHome dan Telkomsel Pulih 100%, Telkom Tetap Beri Kompensasi

Telkom menyampaikan bahwa layanan internet IndiHome dan Telkomsel pulih 100%. Namun perusahaan berpelat merah ini tetap akan memberikan kompensasi kepada pengguna yang terkena dampak.
Image title
24 September 2021, 12:27
Telkom, Telkomsel, IndiHome,
Arief Kamaludin|KATADATA
Logo Telkom Indonesia

Telkom menyampaikan bahwa layanan internet IndiHome dan Telkomsel pulih 100%. Namun perusahaan berpelat merah ini tetap akan memberikan kompensasi kepada pengguna yang terkena dampak gangguan akhir pekan lalu.

“Kapasitas bandwidth mencapai target pemulihan 100% layanan. Ini seiring dengan bertambahnya kapasitas 1 Tbps kemarin malam (23/9),” ujar Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono dalam keterangan pers, Jumat (24/9).

Pujo menyampaikan, percepatan pemulihan layanan internet IndiHome dan Telkomsel tidak terlepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan. Caranya, dengan mengaktifkan jalur cadangan (back up) dan alternatif, khususnya untuk wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Telkom mencatat, gangguan pada layanan IndiHome dan Telkomsel akhir pekan lalu disebabkan oleh masalah pada sistem komunikasi kabel bawah laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam – Pontianak.

Berdasarkan identifikasi, gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer (km) lepas pantai Batam, pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Pujo mengatakan, Telkom tengah menyiapkan tim, cableshop, dan kebutuhan lain untuk untuk mempercepat proses penyambungan kabel bawah laut JaSuKa. Telkom memperkirakan, perbaikan ini baru akan selesai pada pekan kedua Oktober, atau bahkan bisa lebih cepat.

Pada saat yang sama, Telkom melakukan upaya rerouting dan back-up link. Alhasil, layanan internet IndiHome dan Telkomsel kembali normal.

Meski sudah berhasil pulih, Telkom berjanji akan memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome yang terkena dampak gangguan layanan. Ini tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan IndiHome dan disesuaikan dengan segmen pelanggan.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terkena dampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing," kata Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan.

Ia menegaskan bahwa kenyamanan pelanggan merupakan fokus utama Telkom. Apalagi, internet dibutuhkan untuk belajar dan bekerja dari rumah selama pandemi corona.

“Tentu Telkom tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas (layanan) yang dirasakan oleh pelanggan,” ujar Kurniawan.

Terkait pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda. Selain itu, “pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September," kata dia.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait