Bisnis Startup Logistik Shipper Tumbuh 6 Kali Berkat E-Commerce

Fahmi Ahmad Burhan
14 Oktober 2021, 15:34
logistik, startup, e-commerce
Katadata
Ilustrasi Shipper

Startup agregator logistik Shipper mencatatkan pertumbuhan bisnis enam kali lipat sejak awal tahun. Ini terdongkrak tren belanja online di e-commerce selama pandemi Covid-19.

CMO Shipper Jessica Hendrawidjaja mengatakan, salah satu variabel pendorong pertumbuhan bisnis yakni meningkatnya jumlah jaringan mitra seperti e-commerce dan pedagang online

"Kami enabler yang mendukung perkembangan bisnis. Maka, saat mereka (e-commerce dan pedagang online) tumbuh, kami juga diuntungkan," kata Jessica dalam acara Shipper Journalist Academy, Kamis (14/10).

Transaksi Shipper juga semakin meningkat saat festival belanja Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Shopee misalnya, mencatatkan tiga juta kunjungan dalam satu jam pertama 12.12 2020.

Catatan kunjungan pengguna ke Shopee tersebut meningkat hingga delapan kali lipat dibandingkan Harbolnas 12.12 2019. E-commerce ini pun berhasil menjual 12 juta produk dalam waktu 24 menit pertama Harbolnas 2020.

Facebook dan Bain & Company juga memperkirakan, nilai transaksi belanja online di Indonesia hampir US$ 72 miliar atau sekitar Rp 1.047,6 triliun pada 2025. Angka ini melonjak dibandingkan proyeksi awal US$ 48 miliar.

Sektor logistik pun mendulang untung selama pandemi Covid-19. Berdasarkan laporan Ken Research, tren pendapatan pasar logistik Indonesia terus meningkat hingga 2024.

Pendapatan logistik di Tanah Air diprediksi US$ 220,9 miliar tahun lalu dan US$ 300,3 miliar pada 2024. Ini termasuk angkutan barang, pergudangan, kurir, ekspres, dan parsel.

Selain itu, terdapat nilai tambah layanan dan segmen logistik rantai dingin (cold chain logistics segments).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...