Spesifikasi Asus Zenfone 8 yang Dirilis di Indonesia Hari Ini

Asus akan meluncurkan produk baru Zenfone 8 di Indonesia hari ini (15/10). Ponsel ini mengandalkan kemampuan cip Qualcomm dan layar dengan refresh rate 120 Hz.
Image title
15 Oktober 2021, 11:47
Asus, Zenfone 8
Twitter/@Asus
Asus Zenfone 8

Asus akan meluncurkan produk baru Zenfone 8 di Indonesia hari ini (15/10). Ponsel pintar (smartphone) ini mengandalkan kemampuan cip (chipset) Qualcomm dan layar dengan refresh rate 120 Hz.

Zenfone 8 sebenarnya sudah dirilis secara global pada Mei. "Besok, kita bertemu dengan smartphone yang performanya luar biasa, Zenfone 8. Di Youtube Channel ASUS Indonesia 15 Oktober, Pukul 20.00 WIB," kata Asus dikutip dari akun Twitter @ASUS_Indonesia, kemarin (14/10).

Asus mengandalkan kemampuan cip terbaru dari Qualcomm untuk Zenfone 8, yakni Snapdragon 888 5G. Dengan cip ini, pengguna Asus Zenfone 8 bisa menjajal jaringan internet generasi kelima atau 5G.

Di Indonesia, Asus Zenfone 8 dapat mengakses jaringan 5G pada frekuensi 2,3 GHz. Sebab, ponsel anyar ini menjangkau band n40. 

Selain kemampuan akses 5G, cip tersebut mampu mengakomodasi teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Cip juga mendongkrak performa gaming rig dan kamera berteknologi canggih pada gadget.

"Cip itu memungkinkan vendor smartphone merancang perangkat berbeda dibanding yang lain. Pengguna juga dapat merasakan teknologi seluler mutakhir," kata General Manager of Mobile Compute and Infrastructure Qualcomm Alex Katouzian dikutip dari Express.co.uk, akhir tahun lalu (1/12).

Qualcomm memang meningkatkan sejumlah kecepatan pada Snapdragon 888 5G. Pada CPU misalnya, Qualcomm memasang 2,995 GHz.

Kemampuan kinerja AI Engine juga sudah masuk generasi keenam. Dengan begitu, kemampuan komputasi meningkat dari biasanya 26 triliun operasi per detik atau TOPS menjadi 32 TOPS.

Asus juga mengandalkan kemampuan layar. Pada Zenfone 8 Asus memasang refresh rate 120 Hz. Pada produk Asus keluaran sebelumnya yakni Asus Zenfone 7 Pro, kemampuan refresh rate 90 Hz.

Ponsel itu menggunakan layar Super AMOLED dengan lebar 5,9 inci. Untuk perlindungan layar, Asus memasang Corning Gorilla Glass Virtus.

Pada kamera, Asus memasang komposisi dua kamera belakang yakni utama 64 Megapiksel (MP) dan ultra-wide 12 MP. Sedangkan bagian depan memiliki resolusi 12 MP.

Untuk baterai, Asus memasang kapasitas 4.000 mAh pada Zenfone 8. Kemampuan baterainya ditunjang oleh pengisian daya cepat atau fast charging 30 W.

Secara global, GSM Arena melaporkan bahwa Asus Zenfone 8 dijual dengan harga Rp 664 atau Rp 9,3 juta di e-commerce Amazon.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait