Zoom Uji Coba Tampilan Iklan Bagi Pengguna Gratisan
Aplikasi Zoom menguji coba tampilan iklan untuk pengguna gratis. Penyertaan iklan menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendulang pendapatan, meski memberikan layanan secara gratis kepada pengguna.
Zoom menguji coba tampilan iklan tahap awal di negara-negara tertentu sejak kemarin (2/11). Namun, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini tidak memerinci nama negara tersebut.
Berdasarkan uji coba tahap awal, Zoom tidak memasang iklan saat pengguna sedang menggelar rapat. Iklan hanya muncul di halaman pencarian atau browser saat akhir panggilan.
Pengiklan menggunakan cookie untuk melacak aktivitas pengguna di situs web Zoom. Akan tetapi, pengguna dapat memblokir pelacakan melalui manajemen cookie di Zoom.
Kepala pemasaran Zoom Janine Pelosi mengatakan, tampilan iklan tersebut diharapkan mampu mendongkrak pendapatan perusahaan. "Akan mendukung investasi," kata Pelosi dikutip dari The Verge, Selasa (2/11).
Selain itu, iklan akan memberi jaminan pengguna gratis untuk tetap mendapatkan layanan. Sebab, monetisasi Zoom tidak hanya datang dari pengguna berbayar, tetapi juga datang dari iklan.