Telkomsel Gaet Zoom untuk Perkuat Bisnis Rapat Online

Telkomsel mangget Zoom guna meningkatkan kemampuan layanan rapat online, CloudX. Perusahaan telekomunikasi ini menambah empat fitur baru dan kapasitas peserta jadi 500 orang di CloudX.
Image title
9 November 2021, 18:04
Telkomsel, Zoom, rapat online
Telkomsel
Telkomsel bekerja sama dengan Zoom

Telkomsel bekerja sama dengan Zoom guna meningkatkan kemampuan layanan pertemuan atau rapat virtual, CloudX. Perusahaan telekomunikasi ini menambah sejumlah fitur baru di CloudX.

"Sebagai platform video conference terkemuka, Zoom mampu meningkatkan pengalaman di CloudX Meeting," kata Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir dalam siaran pers, hari ini (9/11).

Dharma mengatakan, perusahaan mengembangkan layanan pertemuan virtual karena potensinya besar, terutama saat pandemi corona. Ia mencatat, sebagian besar sektor korporasi masih menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Platform pertemuan virtual juga mengubah cara masyarakat berkolaborasi dan berinovasi. "Oleh karena itu, kami terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut," katanya.

Advertisement

Setidaknya ada empat fitur baru di CloudX Meeting yang merupakan hasil kolaborasi dengan Zoom. Keempatnya yakni:

  1. Live Streaming to Social Media. Ini memungkinkan pengguna layanan CloudX menyiarkan rapat yang sedang berlangsung ke platform media sosial seperti Facebook dan YouTube.
  2. Unlimited Cloud Recording. Pengguna dapat menyimpan lebih banyak rekaman rapat di cloud storage dengan kapasitas mulai dari 10 GB dengan adanya ‘tools’ anyar ini.
  3. Attendance Report. Ini diklaim membantu pengguna mengetahui ringkasan kehadiran para peserta rapat.
  4. Corporate Branding yang memudahkan pengguna untuk membuat tautan (link) dan template email rapat sesuai dengan brand perusahaan. 

Telkomsel juga menambah kapasitas maksimum jumlah peserta hingga 500 orang. Berbagai fitur baru dan tambahan kapasitas itu tersedia di platform CloudX Meeting 2.0. 

Head of APAC Zoom Ricky Kapur menambahkan, kerja sama dengan Telkomsel dapat terwujud melalui layanan Zoom Developer Platform. Layanan ini memperkuat ekosistem Zoom untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan alur kerja para penggunanya.

"Ini untuk memberdayakan dan menumbuhkan ekosistem kami," katanya.

Layanan pertemuan virtual memang mengalami peningkatan permintaan sejak pandemi Covid-19. Sejak Januari hingga April 2020, Telkomsel mencatat pengguna CloudX melonjak 5.000%.

Perusahaan berpelat merah itu juga mencatat, trafik data untuk penggunaan video conference melonjak 20% efek pandemi corona.

Sedangkan Zoom mencatatkan kenaikan pendapatan 169% selama kuartal I 2020 dibanding periode yang sama sebelumnya.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait