Sinarmas Hana Finance Gaet Startup Fuse, Sediakan Pinjaman Multiguna

Startup asuransi Fuse menggaet Sinarmas Hana Finance membuat program pinjaman multiguna. Keduanya menilai, potensi pasarnya besar.
Image title
23 November 2021, 10:24
Startup asuransi, Fuse, sinarmas, sinar mas
Fuse
Startup asuransi Fuse

Startup asuransi (insuretech) Fuse berkerja sama dengan perusahaan jasa pembiayaan Sinarmas Hana Finance. Keduanya membuat program pinjaman multiguna dengan jaminan aset mobil atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Sebanyak 60 tenaga pemasar atau mitra Fuse akan menawarkan layanan pinjaman kepada nasabah yang memiliki mobil. Mitra bakal mengandalkan aplikasi Fuse Pro dalam menawarkan jasa pinjaman.

Sedangkan Sinarmas Hana Finance yang akan menyalurkan pinjaman kepada nasabah. Sinarmas Hana Finance adalah perusahaan gabungan antara SinarMas Multiartha dengan Hana Financial Group yang berbasis di Korea Selatan.

Head of Finance Institute Fuse Cunyono Lijanto menilai, potensi bisnis pinjaman multiguna besar. Ia optimistis, permintaan pinjaman meningkat seiring kasus Covid-19 yang menurun dan aktivitas ekonomi yang mulai pulih.

Advertisement

"Kami melihat minat masyarakat, terutama para nasabah, cenderung tinggi untuk mendapatkan pinjaman," kata Cunyono dalam siaran pers, Senin (22/11).

Business Director Sinarmas Hana Finance Andrew Ludy mengatakan, kerja sama itu untuk memperluas penyaluran pinjaman. "Kami percaya bahwa kemitraan antara Sinarmas Hana Finance dan Fuse akan menjadi suatu keunggulan bagi kedua perusahaan," katanya.

Fuse merupakan insurtech yang berdiri pada 2017. Startup ini mengklaim menjadi insuretech pertama di Indonesia yang mempelopori model berbasis agen alias agent-focused model dalam menyelesaikan permasalahan kepercayaan last mile atau last mile trust gap.

Perusahaan rintisan itu mencatat bahwa 97% orang Indonesia tidak memiliki asuransi atau tak percaya dengan sistem yang ada saat ini.

Startup asuransi itu pun menawarkan pengalaman digital sepenuhnya dalam hal pengurusan premi dan proses klaim yang cepat. Fuse mempunyai lebih dari 50 ribu mitra agen.

Total Pendapatan premi bruto atau GWP melebihi US$ 50 juta atau sekitar Rp 720 miliar tahun lalu.

Fuse bermitra dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi. Selain itu, mempunyai 300 lebih produk asuransi yang mencakup benefit pegawai hingga asuransi digital di e-commerce.

Pada Agustus, Fuse berhasil memperoleh pendanaan seri B yang dipimpin oleh GGV Capital. Emtek, EV Growth, SMDV, dan Heyokha Brothers juga terlibat dalam pendanaan tersebut. 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait