Dikabarkan Segera Jadi Unicorn, Kopi Kenangan Sasar Pasar Premium

Fahmi Ahmad Burhan
26 November 2021, 14:47
Kopi Kenangan, startup, unicorn, kuliner
Kopi Kenangan
Kopi Kenangan

Kopi Kenangan disebut-sebut bakal segera menyandang status unicorn. Startup kuliner ini pun membentuk perusahaan induk atau holding bernama Kenangan Brands dan meluncurkan lini bisnis baru Kenangan Heritage yang menyasar pasar premium.

Co-Founder sekaligus CEO Kenangan Group Edward Tirtanata mengatakan, perusahaan memiliki brand selain kopi. Oleh karena itu, startup kuliner ini membentuk holding.

"Kami ingin berevolusi dari yang awalnya hanya toko kecil pada 2017, sekarang sudah mulai banyak brand lain," kata Edward dalam acara peluncuran Kenangan Brands dan Kenangan Heritage di Jakarta, Jumat (26/11).

Kenangan Brands menaungi sejumlah merek, seperti Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis.

Startup kuliner itu juga meluncurkan lini bisnis baru yakni toko premium bernama Kenangan Heritage di Senayan City, Jakarta Pusat. "Ini bertujuan mengenalkan budaya kopi Indonesia ke mancanegara," katanya.

Toko premium tersebut memuat sejumlah layanan, yakni:

  1. The Purist yang menyajikan produk khusus kopi
  2. The Mixologist yang menyediakan produk campuran kopi
  3. Layanan pemanggangan atau roasting kopi
  4. Layanan khusus teh yakni Craft Tea
  5. Makanan ringan di The Patisserie

Kopi Kenangan kini mempunyai 600 gerai yang di seluruh Indonesia. Co-Founder sekaligus CMO Kenangan Group Cynthia Chaerunnisa mengatakan, jumlahnya ditarget 800 outlet pada akhir tahun ini. 

Dengan begitu, pertumbuhan gerai Kopi Kenangan selama pandemi corona mencapai lebih dari tiga kali lipat. Sebelum ada Covid-19, perusahaan baru memiliki sekitar 200.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...