Deretan Perusahaan dan Artis Beli Lahan di Dunia Virtual Metaverse

Perusahaan hingga selebritas ramai membeli properti atau lahan di dunia virtual. Beberapa artis juga sudah menggelar konser di platform metaverse.
Image title
10 Januari 2022, 14:44
Dunia virtual, metaverse, samsung, adidas, lahan virtual
Decentraland
Dunia virtual Decentraland

Metaverse menjadi tren setelah Facebook berganti nama menjadi Meta pada Oktober tahun lalu. Awal 2022, perusahaan seperti Samsung dan Adidas, maupun selebritas pun membeli lahan di dunia virtual.

Yang terbaru, Prager Metis International membuka properti virtual tiga lantai US$ 35 ribu. Perusahaan akuntan yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) ini membeli properti di lahan virtual melalui platform Decentraland bulan lalu.

Perusahaan berencana menggunakan properti virtual itu untuk operasional bisnis, seperti memberi saran kepada klien terkait pajak dan akuntansi.

"Kami memperkirakan bahwa banyak dari klien, terutama mereka yang berada di industri hiburan dan mode, mencari layanan di metaverse," kata CEO Prager Metis International Glenn Friedman dikutip dari Wall Street Journal akhir pekan lalu (7/1).

Advertisement

Wired melaporkan, lahan virtual merupakan lapisan jaringan digital yang terhubung secara geografis. Seperti NFT alias non-fungible token, orang yang membeli lahan virtual ini dapat mengklaim kepemilikannya.

"Membeli tanah virtual seperti membeli properti di Manhattan, AS, tetapi di dunia di mana siapa pun dapat secara layak menciptakan alternatif dalam jumlah tak terbatas yang mudah dijangkau," demikian dikutip dari Wired, bulan lalu (26/12/2021).

Katadata.co.id mencatat, setidaknya ada delapan perusahaan dan selebritas global yang telah masuk ke pasar dunia virtual, yakni: 

1. Samsung

Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu membuka properti berupa toko virtual melalui platform Decentraland. Toko ini bernama Samsung 837X.

Produsen ponsel pintar itu menawarkan sejumlah program, seperti Connectivity Theater dan Sustainability Forest. Samsung juga menghadirkan pentas musik bertajuk Customization Stage.

2. Adidas

Adidas membeli sebidang lahan virtual pada November 2021 melalui platform The Sandbox. Perusahaan asal Jerman ini menamai lahan virtualnya “adiVerse”.

Perusahaan sepatu itu sedang mengerjakan proyek lahan virtual untuk diisi konten dan pengalaman eksklusif.

3. PWC Hong Kong 

Anak perusahaan global, PriceWaterhouseCoopers alias PwC ini mengumumkan kemunculannya di ruang metaverse dengan mengakuisisi lahan virtual melalui platform The Sandbox.

PwC Hong Kong bermaksud membangun pusat konsultasi Web 3.0. Ini untuk memfasilitasi generasi baru layanan profesional, termasuk akuntansi dan perpajakan.

4. Prager Metis International

Perusahaan akuntansi ini membuka properti tiga lantai virtual US$ 35 ribu. Perusahaan membeli properti di tanah virtual melalui platform Decentraland bulan lalu.

5. Atari

Pengembang gim simulasi seperti RollerCoaster Tycoon dan Zoo Tycoon ini menjual tanah virtual US$ 4,3 juta kepada perusahaan metaverse bernama Republic Realm. Nilainya. Penjualan dilakukan di platform The Sandbox.

6. Snoop Dog

Selain perusahaan, selebritas seperti Snoop Dog ikut membeli lahan virtual. Rapper asal AS ini membangun properti berbentuk mansion di The Sandbox.

7. Huang

Seniman bernama Huang Heshan membangun rumah virtual sebagai proyek seni. Proyek bernama TooRichCity ini merupakan kota virtual yang dipimpin oleh tokoh fiktif yakni pria botak setengah baya yang menunjukkan perutnya.

8. JJ Lin

Penyanyi pop asal Singapura, JJ Lin juga menginvestasikan US$ 171 ribu dalam bentuk lahan virtual. "Dari kera ke punk kemudian ke tanah metaverse. Siapa yang bersamaku?" kata Lin di akun Twitter, akhir tahun lalu (23/11/2021).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait