Bukalapak dan Tokopedia Larang Penjualan Boneka Arwah

Boneka arwah ramai dijual di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Spirit doll dibanderol hingga jutaan rupiah.
Image title
10 Januari 2022, 17:39
Boneka arwah, Lazada, spirti doll, tokopedia, bukalapak
Lazada
Boneka arwah di platform Lazada

Boneka arwah alias spirit doll belakangan ramai jadi perbincangan warganet di media sosial. Namun e-commerce Tokopedia dan Bukalapak melarang penjualan produk ini.

AVP Marketplace Bukalapak Baskara Aditama tidak memerinci alasannya. Namun perusahaan akan menindak penjual yang menjual boneka arwah.

"Kami melakukan pemantauan berkala terhadap barang-barang yang melanggar ketentuan kami itu," kata Baskara kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu (8/1).

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia juga melarang penjualan boneka arwah. “Saat ini, kami menindaklanjuti laporan tersebut sesuai prosedur," ujarnya. 

Advertisement

Perusahaan menyatakan telah menindak segala bentuk penyalahgunaan platform dan pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia. "Tokopedia berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur," katanya.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, boneka arwah dijual jutaan rupiah di sejumlah platform e-commerce. Di Lazada misalnya, penjual dengan nama akun Planet Cakra Bali Official menjual boneka arwah Rp 3,3 juta.

Penjual tersebut menamai produknya "Boneka Arwah Anak Lelaki Baby Boy Reborn Spirit Doll Lukthep Planet Cakra Bali BA 302".

Akun pedagang yang sama menjual boneka arwah lainnya dengan nama "Boneka Arwah Angsa Spirit Doll Bali kode BS 902". Ini dibanderol Rp 2,8 juta.

Di Tokopedia, terdapat pedagang yang menjual boneka arwah dengan nama "Zr Boneka Bayi Susan Senyum Ketawa Arwah Doll”. Produk ini dijual Rp 1,17 juta.

Kemudian di Bukalapak, penjual dengan nama akun kisekiamulet menjual boneka arwah Rp 3,75 juta. Penjual menamai produknya "Open Adop Boneka Arwah Good Spirit Doll Perempuan 24inch".

Di Amerika Serikat (AS), boneka arwah Poppy Parker free spirit dijual US$ 2.000 atau Rp 28,5 juta.

Boneka arwah tengah menjadi perbincangan warganet di Indonesia. Boneka ini dibuat sangat mirip dengan bayi manusia.

Beberapa video di media sosial memperlihatkan spirit doll dirawat seperti bayi manusia sungguhan. Ivan Gunawan misalnya, mengadopsi spirit doll yang diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan.

Sahabat Ivan Gunawan, Ruben Onsu juga mempunyai spirit doll yang diberi nama Roby. Kemudian, Celine Evangelista memiliki boneka serupa yang diberi nama Joseph.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait