Bahan Pokok Jadi Medan Perang Baru E-Commerce, Bukalapak Gaet CT Corp

Fahmi Ahmad Burhan
13 Januari 2022, 16:52
e-commerce, startup, tokopedia, bukalapak, bahan pokok, sayur, buah
ANTARAFOTO/Rahmad
Pedagang sayur menjajakan dagangannya di bawah sinar lampu yang tersalur dengan jaringan listrik melalui program listrik masuk wilayah desa tertinggal di Dusun Jabal Antara, Aceh Utara.

E-commerce seperti Tokopedia mulai menyediakan layanan pengiriman hitungan jam untuk produk bahan pokok, seperti sayur dan buah-buahan. Bukalapak bahkan berencana menggaet CT Corps.

Anak usaha CT Corps, PT Trans Retail Indonesia (Transmart) dan Bukalapak berencana membentuk usaha patungan atau joint venture berupa e-commerce bidang makanan segar dan kebutuhan sehari-hari.

CT Corps akan menggenggam 55% saham e-commerce tersebut. Sedangkan Bukalapak 45%. 

Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani mengatakan, penjualan bahan pokok atau produk segar menjadi target penting bagi e-commerce. "Sebab, transaksi rutinitas bisa didapatkan dari segmen ini," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (13/1).

Untuk meraup pasar tersebut, e-commerce menurutnya akan menyiapkan sejumlah strategi. Salah satunya, kolaborasi. "Ini karena dari sisi suplai dan inventori banyak yang bisa disinergikan," ujarnya.

Selain kolaborasi, e-commerce akan berlomba-lomba mengembangkan model bisnis yang paling efisien. Salah satu model bisnis yang marak dikembangkan yakni pengiriman barang yang dipercepat atau dikenal dengan quick commerce.

"Siapapun yang mampu memberikan solusi tercepat dan berkualitas menjadi pilihan bagi pelanggan," kata Edward.

Salah satu startup yang mengusung konsep quick commerce yaitu Astro. Perusahaan rintisan yang baru berdiri pada September 2021 ini menawarkan layanan perdagangan online dengan menjual lebih dari 1.000 pilihan produk kebutuhan sehari-hari, seperti camilan, sayuran, buah hingga obat. Pengiriman barang ditarget 15 menit.

Akhir tahun lalu atau dua bulan sejak berdiri, Astro mendapat pendanaan US$ 4,5 juta dari beberapa investor seperti Global Founders Capital, AC Ventures, Lightspeed Venture Partners, dan Goodwater Capital.

Tokopedia juga mempunyai layanan cepat untuk produk kebutuhan pokok yakni Tokopedia NOW!. Tokopedia menawarkan layanan dengan waktu pengiriman maksimal dua jam.

"Masyarakat semakin dipermudah untuk berbelanja ribuan pilihan produk dari penjual dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus keluar rumah," kata Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW!, Pranidhana Mahardhika dalam siaran pers, akhir tahun lalu (17/11/2021).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...