Survei KIC: Gen Z dan Milenial Pakai Paylater untuk Belanja Busana

Desy Setyowati
13 Januari 2022, 17:28
paylater, gopaylater, traveloka paylater, shopee paylater
Traveloka
Ilustrasi paylater

Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi menunjukkan, metode pembayaran paylater atau beli sekarang bayar kemudian mulai menjadi pilihan generasi atau gen Z dan milenial. Produk yang dibeli yakni busana, pulsa, dan gadget.

Berdasarkan survei terhadap 5.204 responden, dompet digital seperti GoPay, OVO, ShopeePay, DANA dan LinkAja, menjadi pilihan utama untuk pembayaran yakni 67,8%. Disusul oleh ATM bank (51,1%) dan rekening bank konvensional (38,1%).

“Rekening bank digital digunakan oleh 24,3% responden,” demikian isi laporan bertajuk Perilaku Keuangan Gen Z dan Y, Kamis (13/1). Rincian angkanya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Produk keuangan yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2021
Produk keuangan yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2021 (KIC dan Zigi)

Responden yang disurvei tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021. Responden mayoritas Gen Z dan Gen Y. Sebanyak 55% Gen Y, 32,5% Gen Z, 12% Gen X, dan 0,5% Baby Boomer.

Gen Z merupakan generasi yang lahir pada 1995 – 2010. Sedangkan generasi Y atau biasa disebut milenial, lahir sekitar 1980 - 1995.

Laporan tersebut menunjukkan, 13,8% responden pernah menggunakan fasilitas kredit dan paylater. Secara rinci 16,5% milenail sempat memakai layanan ini. Sedangkan gen Z hanya 9,7%.

Sebanyak 49% generasi millenial menggunakan kredit atau paylater untuk membeli ponsel pintar (smartphone). Lalu fashion (46,4%), pulsa (42,6%), dan elektronik (44%).

Sedangkan mayoritas (61%) sen Z menggunakan kredit atau paylater untuk membeli kebutuhan fashion. Selain itu, pulsa (56,6%), gadget, dan elektronik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...