Induk Shopee Kembali Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa di 6 Universitas RI

Sea Group kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa di enam universitas di Indonesia. Peserta berkesempatan magang di Shopee hingga Garena, dan berpotensi bekerja di perusahaan Singapura ini.
Desy Setyowati
14 Februari 2022, 14:22
Shopee, beasiswa, garena, sea group
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Induk Shopee, Sea Group bekerja sama dengan enam universitas di Indonesia untuk kembali menggelar program beasiswa. Mahasiswa penerima juga berpeluang magang di Shopee, Garena, dan SeaMoney.

Keenam perguruan tinggi yang diajak kerja sama yakni ITB, UI, IPB, UGM, Binus dan IT Del. Pendaftaran untuk program Sea Scholarship Indonesia itu dibuka mulai hari ini (14/2) hingga 14 Maret.

Perusahaan asal Singapura itu menerima sekitar 3.700 aplikasi sejak menggelar program beasiswa pada 2018. Sebanyak 90 mahasiswa mendapatkan beasiswa tersebut.

Country Head of Garena Indonesia Hans Saleh mengatakan, beasiswa diberikan untuk mengatasi tantangan pengembangan talenta digital di Tanah Air, dari sisi kualitas dan kuantitas. “Ini tidak bisa instan,” kata dia dalam Media Gathering Virtual Peluncuran Beasiswa Prestasi Unggulan Sea Scholarship Indonesia 2022, Senin (14/2).

Advertisement

“Lewat beasiswa ini, kami harap bisa mendorong pengembangan talenta digital jangka panjang,” tambah dia. “Kami menawarkan beasiswa penuh selama perkuliahan.”

Lead People Team dan Sea Scholarship Committee Fathimah Prajna Iswari menyampaikan, ada lima manfaat yang diperoleh penerima beasiswa. Keempatnya yakni:

  • Beasiswa penuh
  • Tunjangan Rp 2 juta per bulan yang dibayarkan setiap enam bulan
  • Kesempatan magang di anak usaha Sea Group yakni Shopee, Garena, dan SeaMoney
  • Program pengembangan
  • Kesempatan untuk bekerja di berbagai posisi strategis unit bisnis Sea Group

Sedangkan syarat untuk mendapatkan beasiswa di antaranya:

  • Warga Indonesia
  • Terdaftar sebagai mahasiswa tahun pertama, kedua, atau ketiga di universitas mitra
  • Tidak memiliki komitmen pekerjaan dan/atau beasiswa kepada organisasi lain
  • Dapat berkomitmen mempertahankan IPK kumulatif 3,5 atau lebih tinggi selama program beasiswa
  • Terdaftar di semua jurusan kecuali Fakultas Kedokteran (termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan)

Alumni penerima Alumni Sea Scholarship dari BINUS University Owen Prasetya Gunawan misalnya, kini bekerja sebagai Game Operations Staff di Garena Indonesia. Menurutnya, beasiswa ini bermanfaat karena mendapatkan program pengembangan sehingga bisa lebih siap untuk masuk ke dunia industri.

“Tantangan utama (saat bekerja) bagaimana bisa menyesuaikan dengan basis di perusahaan. Apa yang kami tawarkan kepada pemain yang kebutuhannya berbeda,” kata dia.

Penerima Sea Scholarship dari Institut Teknologi Bandung Richie Fane juga kini bekerja sebagai Game Operations Intern Garena Indonesia. Ia menilai, beasiswa itu membuat dirinya lebih berfokus untuk belajar.

"Ini juga memberikan wadah untuk berkembang," kata Richie.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait