Deretan Pendiri Raksasa Teknologi Hanya Digaji Rp 14.000

Fahmi Ahmad Burhan
18 Februari 2022, 13:27
Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Elon Musk, raksasa teknologi, facebook, apple, google, twitter
Facebook, Apple Insider, Tesla, Katadata/Desy Setyowati
Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan Elon Musk

Beberapa CEO raksasa teknologi mempunyai gaji hingga ribuan kali lipat dibanding karyawan. Namun pendiri Facebook, Mark Zuckerberg hingga Tesla, Elon Musk memilih untuk mendapatkan US$ 1 atau sekitar Rp 14 ribu.

CEO Apple Tim Cook mendapatkan gaji US$ 3 juta atau Rp 43 miliar tahun lalu. Ia juga menerima US$ 82,3 juta atau Rp 1,1 triliun dalam bentuk penghargaan saham dan insentif lainnya.

"Gaji Cook itu 1.447 kali lipat dari rata-rata karyawan Apple," demikian dikutip dari The Guardian pada Kamis (17/2).

Gaji CEO Apple itu juga lebih besar dibandingkan pendiri perusahaan, Steve Jobs. Selama 1997 – 2011, ia hanya mendapatkan gaji US$ 1 per tahun.

Alasan Steve Jobs hanya mengambil gaji US$ 1 untuk menunjukkan kepeduliannya kepada Apple. "Ia lebih suka mengambil jutaan dolar yang dia peroleh sebagai gaji dan memasukkannya kembali ke perusahaan, berinvestasi di masa depan," demikian dikutip dari The Motley Fool pada 2014.

Jobs memilih untuk memegang banyak saham Apple. Setelah nilai perusahaan melonjak, ia baru mendapat kompensasi yang nilainya jauh lebih besar.

Begitu juga dengan Mark Zuckerberg yang hanya mendapatkan gaji US$ 1 dari induk Facebook, Meta. Forbes mengklaim, alasan Zuckerberg dan Jobs mendapatkan gaji kecil yakni untuk menghindari pajak besar.

"Pertumbuhan saham dan capital gain jauh lebih menarik daripada mendapatkan gaji yang dikenakan pajak," demikian dikutip dari Forbes.

Berikut deretan pendiri raksasa teknologi global yang mendapatkan gaji hanya US$ 1:

1. Mark Zuckerberg

Washington Post melaporkan, pendiri Meta ini mulai mendapatkan gaji US$ 1 sejak 2013. Akan tetapi, perkiraan kekayaan bersihnya saat ini hampir US$ 78 miliar atau Rp 1.118 triliun.

2. Steve Jobs

Meskipun gaji Jobs hanya US$ 1, ia memiliki 5,5 juta saham Apple. Alhasil, saat saham produsen iPhone ini naik, ia menjadi jauh lebih kaya.

3. Larry Page

Menurut arsip tahunan Google di Securities and Exchange Commission (SEC), pendiri Google Larry Page meminta agar gaji pokok mereka dikurangi menjadi hanya US$ 1. Sejak saat itu, komite kompensasi Google menawarkan gaji kompetitif pasar setiap tahun yang terus menurun.

Namun, kekayaan Page bernilai US$ 34,9 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...