Grab dan Bukalapak Rambah E-Commerce Kilat, Berikut 8 Pesaingnya

Fahmi Ahmad Burhan
1 Maret 2022, 10:59
E-commerce kilat, quick commerce, e-commerce, sayurbox, segari, allofresh, grab, grabmart kilat, bukalapak, tokopedia,
Katadata/Desy Setyowati
E-commerce kilat atau quick commerce

Grab dan Bukalapak merambah layanan e-commerce kilat atau quick commerce. Keduanya bersaing dengan delapan pemain yang lebih dulu masuk ke bisnis ini, termasuk Shopee dan Tokopedia.

Dikutip dari Statista, quick commerce merupakan istilah yang menggambarkan bentuk e-commerce dengan pengiriman pesanan dalam jumlah kecil namun cepat.

Produk di platform quick commerce biasanya harus cepat diantar, seperti bahan makanan segar atau produk-produk rumah tangga.

Transmart dari CT Group, Bukalapak, dan Growtheum Capital Partners meluncurkan platform belanja kebutuhan sehari-hari secara online bernama AlloFresh pada Senin (28/2).

Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk Willix Halim mengatakan, AlloFresh bertujuan menghadirkan pengalaman belanja modern bagi masyarakat Indonesia. Layanan ini diharapkan semakin meningkatkan kepemimpinan Bukalapak di sektor online to offline (O2O).

Selain itu, memperluas titik kontak bagi pelanggan dan memperlebar jangkauan Bukalapak ke ekosistem ritel sebagai bagian ekspansi dari platform umum ke khusus.

“Kami antusias bekerja sama dengan Trans Retail Indonesia dan Growtheum untuk menyediakan layanan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia," kata Willix dalam siaran pers, hari ini (1/3).

AlloFresh akan memulai bisnis dengan pendanaan awal Rp 1 triliun. Platform e-commerce kilat ini menawarkan lebih dari 150 ribu stock keeping unit (SKU) dari sekitar 10.000 pemasok.

Platform itu menawarkan layanan pengiriman cepat dalam waktu tiga jam, serta opsi pengantaran 30 menit di seluruh Indonesia.

AlloFresh menggabungkan kemampuan Trans Retail Indonesia dan Bukalapak. Trans Retail Indonesia mempunyai jaringan pemasok dan produsen. Sedangkan Bukalapak mengandalkan teknologi.

Selain Bukalapak dan Transmart, Grab merambah pasar quick commerce melalui GrabMart Kilat. Ini hadir dalam bentuk fitur di aplikasi yang menyediakan layanan pengiriman kebutuhan bahan pokok 30 menit. 

"Sampai dalam 30 menit dan hemat Rp 30 ribu," demikian dikutip dari aplikasi. Namun, layanan tersebut terbatas di sejumlah wilayah Jakarta. 

Sebelum Grab dan Bukalapak, Katadata.co.id mencatat setidaknya ada delapan perusahaan lainnya yang menyediakan layanan e-commerce kilat. Bahkan sebagian mendapatkan pendanaan sejak awal 2022.

Mereka di antaranya:

1. Shopee

Shopee mempunyai layanan kilat bernama Shopee Express Instant. Durasi pengiriman maksimal tiga jam setelah diterima kurir. Namun, layanan ini juga terbatas hanya di Jabodetabek dan Bandung.

2. Tokopedia

Tokopedia sejak tahun lalu telah meluncurkan layanan baru yakni Tokopedia NOW!. Pengguna bisa memesan kebutuhan pokok termasuk sembako dalam dua jam sampai.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...