Grab Gaet Starbucks di Bidang Pembayaran dan Pengiriman

Grab menggandeng Starbucks terkait layanan pembayaran dan pengiriman di enam negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Keduanya menawarkan hadiah kepada konsumen yang melakukan pemesanan.
Kolaborasi itu memungkinkan pengguna memesan dan membayar melalui GrabPay, GrabRewards, GrabFood, GrabExpress, dan GrabGifts. Managing Director Commercial Grab Saad Ahmed menilai, konsumen menyukai kemudahan pengiriman makanan, tetapi juga senang bertemu dengan teman di gerai sambil meminum kopi.
“Kami percaya, pemesanan online dan pengalaman bersantap di dalam toko akan menjadi lebih terhubung. Sebab, merek di Asia Tenggara mencari cara untuk menjembatani saluran ini,” kata Ahmed dalam keterangan pers, akhir pekan lalu (16/3).
Kerja sama Grab dan Starbucks akan mencakup beberapa hal, sebagai berikut:
1. Starbucks akan mengintegrasikan Starbucks Rewards dengan platform Grab
Anggota Starbucks Rewards dapat menautkan akun dengan GrabRewards yang bisa digunakan untuk memesan melalui GrabFood.
Perusahaan berencana memperkenalkan fitur baru itu di Filipina pada paruh kedua tahun ini. Kemudian diperluas ke pasar Asia Tenggara lainnya pada 2024.
2. Bayar dengan e-wallet yang sama secara online dan offline
Pelanggan akan memiliki opsi untuk membayar pesanan melalui GrabPay secara offline di gerai maupun online di aplikasi.
3. Pesan online untuk pengambilan di toko melalui GrabFood
Pelanggan dapat melewati antrean dan memesan menu melalui fitur ambil sendiri di GrabFood.
4. Pengiriman instan melalui GrabExpress
Pelanggan bisa mendapatkan makanan dan minuman melalui platform Starbucks dengan pengiriman GrabExpress.
5. Hadiah melalui GrabGifts
Pelanggan dapat membeli dan mengirim kartu hadiah Starbucks melalui aplikasi Grab di Filipina, Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Vietnam.
Grab dan Starbucks juga akan memberikan bantuan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan di seluruh Asia Tenggara. Keduanya berfokus mengurangi limbah makanan, melalui perluasan program donasi makanan Starbucks FoodShare.
Program itu dimulai di Filipina bulan ini. “Kemitraan dengan Grab memungkinkan kami untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan untuk menciptakan Starbucks Experience yang tepat bagi mereka,” kata Wakil Presiden Bidang Produk dan Pemasaran Starbucks Asia Pasifik Erin Silvoy.
Selain itu, “memberikan dampak positif pada komunitas yang kami layani melalui program FoodShare,” tambah dia.