Bersaing dengan Shopee hingga Tokopedia, Blibli Perkuat Gerai Fisik

Fahmi Ahmad Burhan
28 Maret 2022, 13:00
Blibli, e-commerce, tokopedia, bukalapak, shopee,
Blibli.com
Blibli bekerja sama dengan BCA

E-commerce dengan konsep online to offline (O2O) diperkirakan tren setelah pandemi corona usai. Blibli pun gencar mengembangkan layanan omnichannel, salah satunya melalui gerai fisik.

Blibli meluncurkan BlibliMart pada 2020. "Ini merupakan upaya kami menghadirkan ekosistem layanan kebutuhan pokok atau e-groceries," ujar Senior Vice President of O2O Blibli David Michum kepada Katadata.co.id, Senin (28/3).

Gerai fisik memungkinkan pelanggan berbelanja langsung, namun pembayaran tetap tanpa sentuh alias cashless dan tanpa kasir.

E-commerce bernuansa biru itu juga mengakuisisi saham emiten ritel PT Supra Boga Lestari Tbk  (RANC) atau pengelola Ranch Market tahun lalu.

Blibli juga menerapkan strategi omnichannel dengan menyasar warung, melalui Blibli Mitra. Langkah serupa dilakukan oleh Tokopedia dan Bukalapak.

"Ini merupakan upaya Blibli dalam meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi pedagang warung dan toko kelontong lokal, lewat digitalisasi," ujar David.

Saat ini, ada lebih dari dari 90 ribu mitra warung yang bergabung di Blibli Mitra di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Blibli meluncurkan fitur Click & Collect pada 2019 untuk memperkuat strategi omnichannel. Fitur ini memungkinkan pelanggan memilih produk secara online via website atau aplikasi, kemudian mengambil pesanan langsung di toko. 

"Fitur ini menjadi solusi integrasi kenyamanan belanja offline dan kemudahan belanja online," ujarnya.

Ada juga Blibli InStore. Layanan ini memungkinkan pelanggan berbelanja di toko offline dan melakukan pembayaran cicilan 0% dari bank mitra Blibli.

David mengatakan, Blibli gencar menjalankan strategi omnichannel karena diramal tren ke depan. "Saat ini, kami memasuki era di mana dunia offline dan online saling mendukung, serta sepenuhnya terhubung," ujarnya.

Selain itu, strategi omnichannel Blibli dapat memberikan pengalaman berbelanja berbeda bagi konsumen. Omnichannel juga akan mendorong pertumbuhan industri yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...