Gojek Dikabarkan Jual Fintech Kripto di Filipina

Gojek dikabarkan menjual fintech yang melayani kripto di Filipina, Coins.ph. Nilainya disebut-sebut dua kali lipat dibandingkan saat decacorn Tanah Air ini membeli.
Desy Setyowati
4 April 2022, 11:50
fintech, filipina, Gojek
Gojek
Ilustrasi Gojek

Gojek dikabarkan telah menjual perusahaan teknologi finansial (fintech) yang berbasis di Filipina, Coins.ph kepada mantan kepala keuangan Binance Wei Zhou. Nilainya disebut-sebut hampir US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun.

“Nilai kesepakatan itu dua kali lipat dari yang dibayarkan oleh Gojek saat mengakuisisi Coins.ph pada 2019, yaitu sekitar US$ 95 juta,” kata sumber yang mengetahui masalah ini dikutip dari The Ken, Senin (4/4).

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada Gojek. Namun belum ada tanggapan.

Coins.ph didirikan oleh Ron Hose pada 2014. Fintech ini awalnya menyediakan layanan dompet digital yang dapat digunakan untuk membeli dan menjual aset kripto.

Advertisement

Fintech asal Filipina itu kemudian memperluas layanan, seperti isi ulang seluler, pembayaran tagihan, dan pengiriman uang.

Hose meninggalkan Coins.ph pada 2020. Kemudian, ia bergabung dengan perusahaan modal ventura Wavemaker Partners sebagai mitra usaha.

CEO Coins.ph berikutnya, Hassan Ahmed, mengundurkan diri setelah memegang posisi itu selama 10 bulan. Dia kemudian bergabung dengan bursa kripto Coinbase yang berbasis di Amerika Serikat (AS) sebagai kepala Asia Tenggara.

Sebelum bertugas di Coins.ph, Ahmed adalah kepala strategi di GoPay.

Sumber mengatakan bahwa layanan kripto Coins.ph tidak berjalan di bawah Gojek. Namun, fintech ini baru saja mengumumkan terintegrasi dengan Ronin bulan lalu.

(BACA JUGA: Ditolak Dua Kali, Gojek Kembali Ajukan Izin Mengaspal di Filipina)

Ronin merupakan sidechain Ethereum dari Sky Mavis yang dibuat untuk game play-to-earn Axie Infinity. Di dunia NFT, gim ini dikenal dengan istilah GameFi atau gabungan gaming dan decentralized finance (DeFi).

Istilah itu pertama kali diperkenalkan oleh pendiri Yearn Finance Andre Cronje pada September 2020. GameFi menawarkan kesempatan kepada pemain untuk memperoleh penghasilan saat bermain gim.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait