Bukalapak hingga Ajaib Gaet Artis Korea Jadi Duta Merek, Apa Hasilnya?

Fahmi Ahmad Burhan
4 April 2022, 16:17
blibli, lazada, korea selatan, drama korea, shopee, tokopedia, bts, park seo joon, hyun bin, lee min ho, song jong ki,
Instagram @lazada_id dan @bliblidotcom
Brand ambassador LazMall Hyun Bin dan dari Blibli, Park Seo Joon

Beberapa startup yang beroperasi di Indonesia gencar menggaet artis Korea Selatan sebagai duta merek (brand ambassador). Yang terbaru, Bukalapak menggandeng Song Joong-ki yang terkenal lewat drama Korea Vincenzo.

"Yuk ramaikan kedatangan Song Joong-ki di Bukalapak sebagai brand ambassador baru," kata perusahaan melalui akun Twitter @bukalapak, akhir pekan lalu (1/4).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Bukalapak (@bukalapak)

Artis asal Korea Selatan itu terkenal lewat sejumlah serial, seperti Vincenzo dan Descendants of the Sun (DOTS).

Peneliti bisnis dan pemasaran dari Universitas Prasetiya Mulya Agus Soehadi mengatakan, konsep influencer yang direkrut oleh e-commerce pada dasarnya mirip dengan celebrity endorser yang dilakukan pemilik merek.

Menurut dia, dampak influencer terhadap bisnis e-commerce akan sangat tergantung dari jumlah pengikut atau followers di media sosial dan persepsi influencer terhadap perusahaan.

“Kemudian, bagaimana konten yang digunakan dalam komunikasinya,” ujar Agus kepada Katadata.co.id, pada Mei tahun lalu (21/4/2021).

Hal itu tentu berkaitan dengan pesan yang ingin dibangun oleh perusahaan melalui duta merek.

"Setiap endorser atau influencer memiliki fan yang loyal dan fanatik, seperti artis Korea Selatan. Mereka tentu berusaha mengikuti apa yang disukai atau direkomendasikan oleh idola," ujar Agus kepada Katadata.co.id, pada Agustus tahun lalu (23/8/2021).

Dengan meningkatnya minat dan kepercayaan konsumen, maka transaksi terutama saat festival belanja bisa ikut terdongkrak. "Ada dampaknya terhadap penjualan," ujar Agus.

Bagi konsumen, kehadiran influencer dapat memberikan citraan positif terhadap e-commerce. Muji (27 tahun) misalnya, sangat senang bisa menonton live streaming konser BLACKPINK di fitur Tokopedia Live pada 25 Januari 2021.

“Di situasi pandemi seperti ini, walaupun lebih suka menonton konser langsung, saya sangat menikmatinya,” ujar Muji kepada Katadata.co.id. Apalagi konser virtual itu diadakan secara gratis.

Sama seperti Muji, Fildzah (27 tahun) beberapa kali membeli produk merchandise grup idola favorit di Shopee. Dia senang dapat mengoleksi barang-barang hallyu atau Korean Wave, berupa light stick, album hingga photo card.

“Saya beli karena suka mereka (K-Pop group) dan memang barangnya lucu,” ujar Fildzah.

Selain Bukalapak, beberapa startup gencar menggaet artis Korea Selatan sebagai brand ambassador. Katadata.co.id mencatat, setidaknya ada tujuh perusahaan rintisan yang menjalankan strategi ini, di antaranya:

1. Bukalapak

E-commerce itu menggaet Song Joong-ki bulan ini. Berdasarkan laporan iPrice, Bukalapak menjadi e-commerce dengan jumlah kunjungan situs tertinggi ketiga di Indonesia, yakni 29,8 juta tahun lalu.

Dalam laporan keuangan, unicorn itu mengantongi pendapatan neto Rp 863,62 miliar dalam enam bulan pertama 2021. Nilai ini tumbuh 34,67% dibandingkan semester I 2020 Rp 641,28 miliar.

Bukalapak mencatatkan rugi bersih Rp 766,23 miliar sepanjang semester I 2021. Meski begitu, kerugian ini menyusut 25,33% dibandingkan periode sama 2020 Rp 1,02 triliun.

2. Shopee

E-commerce asal Singapura ini telah menggandeng artis Korea Selatan Blackpink dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 di Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Indonesia pada 2018.

Shopee pun mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara saat itu. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia

 Lebih dari 48 juta pengguna mengunjungi platform Shopee. Selain itu, gim goyang Shopee dimainkan 46 juta kali.

Dalam waktu tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan. E-commerce ini kemudian mengadakan fanmeeting dengan Red Velvet pada April 2019.

Para penggemarnya yang disebut ReVeluv dapat berinteraksi dengan semua anggota grup yakni Irene, Yeri, Joy, Seulgi, dan Wendy melalui fitur siaran langsung di aplikasi. Dalam satu jam, lebih dari 170 ribu pengguna menonton dan mengajukan pertanyaan kepada para idolanya.

Jumlah kunjungan Shopee di Tanah Air pun melampaui Bukalapak, sehingga berada di urutan kedua setelah Tokopedia pada kuartal II 2019.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...