Sudah Untung, Startup Perikanan eFishery Berpotensi Jadi Unicorn

Desy Setyowati
13 Juni 2022, 11:10
efishery, startup, startup untung, unicorn
instagram/@efishery
Ilustrasi, pembudidaya ikan yang menggunakan perangkat eFishery.

Startup perikanan eFishery mencatatkan pendapatan lebih dari US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,46 triliun tahun lalu. Perusahaan rintisan ini pun disebut-sebut berpeluang menjadi unicorn Indonesia berikutnya.

Unicorn merupakan sebutan bagi startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar atau Rp 14 triliun. Sedangkan decacorn lebih dari US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun.

Penghasilan eFishery juga melonjak 55 kali lipat dari US$ 185.400 pada 2018 menjadi US$ 10,1 juta. Sedangkan pendapatan startup perikanan ini pada 2021 naik 10 kali lipat dibandingkan 2019.

Jumlah mitra nelayan eFishery juga meningkat 10 kali lipat sejak 2020. Startup pendidikan ini mendukung sekitar 150 ribu kolam dan menggaet 30 ribu pembudidaya ikan di Indonesia.

Angka-angka itu diungkapkan oleh Managing Partner di Wavemaker Partners Paul Santos. Berdasarkan data-data tersebut, Tech In Asia menilai eFishery semakin dekat dengan status unicorn.

Selain itu, eFishery mengumpulkan pendanaan seri C US$ 90 juta pada Januari. Namun, VentureCap Insights  menilai bahwa valuasi startup ini lebih dari US$ 407 juta.

Santos menyampaikan, pertumbuhan bisnis eFishery membantu mereka mengembangkan bisnis perikanan dan terlindung dari dampak pandemi Covid-19.

“eFishery menjual pakan lebih murah, memberi mereka (nelayan) akses ke pinjaman, dan membantu mereka menjual hasil panen mereka,” kata Santos dikutip dari Tech In Asia, Senin (13/6).

eFishery memiliki tiga sumber pendapatan utama yakni:

  1. Perangkat pemberi pakan ikan atau eFishery Feeder yang dapat disewa mulai Rp 5.000 per hari. Perangkat ini memungkinkan petani memantau dan menjadwalkan pemberian makan melalui aplikasi smartphone. Alat ini juga mengumpulkan data tentang pola produksi pertanian dan perilaku ikan.
  2. eFishery Mall, marketplace yang menjual pakan ikan dan udang
  3. eFishery Fresh, platform untuk menjual ikan dan udang segar kepada pelanggan business to business (B2B) seperti restoran, pembeli ekspor, dan pedagang grosir

Startup tersebut berdiri pada 2013 di Bandung, Jawa Barat. Produk pertama eFishery yakni alat pemberi makan ikan otomatis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...