Kredivo-KIC: Pria Lebih Sering Belanja di E-Commerce Ketimbang Wanita

Desy Setyowati
6 Juli 2022, 13:40
e-commerce, belanja online
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/wsj.
Seorang warga berbelanja secara daring melalui salah satu situs perusahaan e-commerce di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (13/12/2021).

Riset Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) pada Juni menunjukkan, laki-laki lebih sering berbelanja di e-commerce ketimbang perempuan selama tahun lalu. Ini terjadi sejak 2020.

Laporan bertajuk “Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia” itu memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar di Indonesia selama 2021.

Riset itu menunjukkan, proporsi jumlah transaksi yang dilakukan oleh laki-laki 62%. Sedangkan perempuan 38%.

Meski begitu, konsumen perempuan membeli lebih banyak produk dalam sekali transaksi. Alhasil, meski transaksinya lebih sedikit ketimbang laki-laki, produk yang dibeli bisa jadi lebih banyak.

Dari sisi nilai transaksi, konsumen laki-laki juga mendominasi yakni 64%. Sedangkan perempuan 36%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...