Kredivo-KIC: Pria Lebih Sering Belanja di E-Commerce Ketimbang Wanita
Riset Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) pada Juni menunjukkan, laki-laki lebih sering berbelanja di e-commerce ketimbang perempuan selama tahun lalu. Ini terjadi sejak 2020.
Laporan bertajuk “Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia” itu memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar di Indonesia selama 2021.
Riset itu menunjukkan, proporsi jumlah transaksi yang dilakukan oleh laki-laki 62%. Sedangkan perempuan 38%.
Meski begitu, konsumen perempuan membeli lebih banyak produk dalam sekali transaksi. Alhasil, meski transaksinya lebih sedikit ketimbang laki-laki, produk yang dibeli bisa jadi lebih banyak.
Dari sisi nilai transaksi, konsumen laki-laki juga mendominasi yakni 64%. Sedangkan perempuan 36%.