India Blokir TikTok, Dua Startup Lokal Ini Dapat 'Untung'

Fahmi Ahmad Burhan
7 Juli 2022, 13:16
india, cina, startup, TikTok
Unsplash/Solen Feyissa
Ilustrasi tampilan aplikasi TikTok

Aplikasi video pendek TikTok menjadi satu dari 59 aplikasi asal Cina yang diblokir oleh pemerintah India pada 2020. Ini memberikan keuntungan bagi startup lokal, seperti ShareChat dan Verse Innovation.

Menurut perusahaan konsultan RedSeer, setelah TikTok hengkang dari pasar Cina, aplikasi besutan startup lokal seperti Moj dari ShareChat dan Josh dari Verse Innovation mencatatkan lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan atau Monthly Active User (MAU).

Pemain lokal itu juga memiliki lebih dari empat kali lipat pembuat konten daripada yang dilakukan TikTok di India sebelum hengkang.

"Kebangkitan platform lokal ini adalah lonjakan besar. Platform ini jadi banyak dikonsumsi oleh pengguna pinggiran kota dan pedesaan," demikian dikutip dari Inc42, pekan lalu (30/6).

Sedangkan RedSeed memperkirakan bahwa pasar video pendek menembus 600 juta pengguna pada 2025. 

Salah satu platform video pendek lokal yang mendapatkan untung dari keluarnya TikTok adalah Moj. Platform besutan ShareChat ini diluncurkan pada 2020 atau saat pemerintah India melarang TikTok.

Moj dibuat dengan tujuan utama melayani pengguna di seluruh India menunjukkan kreativitas dan bakat mereka melalui video pendek.

"Tim ShareChat yang terdiri dari lebih dari 70 insinyur dan pakar produk dibentuk dengan satu fokus, untuk membangun Moj dalam garis waktu sedini mungkin,” kata Direktur Senior, Strategi Konten, dan Operasi Moj Shashank Shekhar dikutip dari Financial Express, April (3/4).

Menurutnya, Moj telah berkembang sebagai aplikasi video pendek nomor satu di India dengan pengguna aktif bulanan tertinggi. 

Moj juga membangun kemampuan live-streaming. "Ini akan menjadi cara yang sangat efektif untuk memonetisasi pembuat konten," kata Shekhar.

Moj bekerja sama dengan Flipkart untuk mengaktifkan video dan pengalaman berbelanja. Melalui kolaborasi itu, pembuat konten bisa berbagi selera mereka melalui aplikasi dan memberdayakan konsumen untuk langsung membeli produk Flipkart dari Moj.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...