Daftar CEO Raksasa Teknologi Mundur untuk Melamun atau ke Luar Angkasa

Sejumlah CEO raksasa teknologi mengundurkan diri, karena ingin melamun, melukis, dan pergi ke luar angkasa. Ada juga karena alasan tak suka kantor baru. Siapa saja mereka?
Desy Setyowati
7 Juli 2022, 15:17
Jeff Bezos, jack ma, raksasa teknologi, startup
NASA Robotics Competitions Sheyene Gerardi
Jeff Bezos

Beberapa orang membangun startup untuk mencapai status unicorn, decacorn, menjadi perusahaan publik atau IPO, atau bahkan raksasa teknologi. Namun sejumlah pendiri mundur dari korporasi yang dibangun, untuk melamun, melukis atau bahkan ke luar angkasa.

Andrew Formica dari firma investasi yang berbasis di Inggris, Jupiter Fund Management mundur setelah tiga tahun menjabat CEO. Perusahaan ini bukan termasuk di bidang teknologi, namun mereka berinvestasi di startup.

Ia mundur karena ingin pergi ke pantai di Australia saat musim panas.

“Saya hanya ingin duduk di pantai dan tidak melakukan apa-apa. Saya tidak memikirkan hal lain,” ujar pria berusia 51 tahun itu kepada Bloomberg dalam sebuah wawancara, dikutip dari Fortune, akhir pekan lalu (28/6).

Advertisement

Berikut daftar CEO yang mundur karena ingin melamun, melukis, ke luar angkasa, atau karena tak suka dengan kantor baru:

1. Andrew Formica

Ia akan mengundurkan diri dari posisi kepala eksekutif dan direktur Jupiter Fund Management pada 1 Oktober. Perusahaan menyampaikan, ia keluar setelah fase awal transformasi bisnis Jupiter selesai.

“Dia merasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyerahkan kepemimpinan bisnis, untuk memungkinkan fase berikutnya memiliki kepemimpinan yang konsisten dan kuat sepanjang periode itu,” kata perusahaan.

“Saya bangga telah bekerja dengan tim yang fantastis dan berdedikasi seperti kami menavigasi periode yang sangat menantang untuk bisnis dan pasar,” ujar Formica.

Dalam wawancara dengan Bloomberg, Formica menambahkan bahwa dia ingin lebih dekat dengan orang tuanya yang sudah lanjut usia, setelah menghabiskan hampir tiga dekade di Inggris.

Formica akan tetap menjalankan bisnis hingga akhir Juni 2023 dari Australia. Akan tetapi, dia menyerahkan posisi CEO kepada kepala investasi Matthew Beesley.

Beesley bergabung dengan Jupiter pada Januari. Ia menjabat sebagai CIO Artemis Investment Management sebelum bergabung dengan Jupiter.

2. Yishan Wong

Ia mengundurkan diri dari posisi CEO Reddit pada November 2014. Ia mundur setelah dua setengah tahun mengabdi.

Salah satu penasihat Reddit Sam Altman mengatakan, Wong pergi setelah tidak sepakat dengan dewan tentang lokasi dan jumlah uang untuk dibelanjakan untuk menyewa kantor baru.

“Namun untuk lebih jelasnya, kami tidak meminta atau menyarankan agar dia mengundurkan diri. Dia memutuskan untuk melakukannya ketika kami tidak menyetujui rencana kantor baru,” kata Altman dikutip dari The Guardian pada 2014.

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos resmi mundur dari posisi CEO Amazon per medio tahun lalu (5/7/2021). Orang terkaya di dunia ini pun bepergian ke luar angkasa pada bulan yang sama setelah pengumuman.

Posisi Bezos akan ditempati oleh Andy Zassy, yang sebelumnya menduduki posisi CEO Amazon Web Services (AWS). Sedangkan Bezos akan tetap menjadi ketua eksekutif dan pemegang saham terbesar.

Bezos mendirikan Amazon pada 1994, yang semula merupakan toko buku online. Sedangkan Andy bergabung pada 1997. Oleh karena itu, Bezos memilih Andy sebagai pengganti.

Pada April 2021, Bezos menyampaikan surat kepada investor bahwa dia akan berfokus pada inisiatif baru sebagai ketua eksekutif dan menjadikan Amazon tempat yang lebih baik untuk bekerja. Ini disampaikan setelah beberapa karyawan berunjuk rasa terkait protokol kesehatan di tempat kerja selama pandemi corona.

4. Zhang Yiming

Pendiri sekaligus CEO ByteDance Zhang Yiming mengundurkan diri dari jabatannya tahun lalu. Setelah mundur, ia tetap masih bekerja untuk perusahaan, tapi tidak lagi memegang kendali manajemen.

Yiming akan beralih peran untuk mengelola bisnis secara lebih strategis.

Ia menyampaikan, keputusan tersebut akan membuat dia memiliki banyak waktu untuk bersantai. Ia pun ingin melakukan beberapa hal seperti membaca dan melamun.

"Saya tidak terlalu sosial. Saya lebih memilih aktivitas soliter seperti membaca, mendengarkan musik, dan merenungkan apa yang mungkin dilakukan," ujar dia dikutip dari The New York Times, tahun lalu.

Yiming mendirikan ByteDance pada 2012.  Kesuksesan besar Yiming pertama kali terjadi saat membuat platform Toutiao, yang berarti berita utama dalam bahasa Cina. Kesuksesan Yiming semakin melejit saat aplikasi besutan perusahaannya TikTok mulai banyak dikenal publik.

5. Jack Ma

Pendiri Alibaba Group Jack Ma mengundurkan diri dari jabatannya pada 2019 (10/9/2019), di usia yang ke-55 tahun. Saat itu, ia menyampaikan bahwa dirinya bakal menghabiskan lebih banyak waktu untuk filantropi dan pendidikan.

Namun ia sempat menghilang setelah pemerintah Cina meningkatkan pengawasan terhadap Alibaba. Utamanya, setelah Jack Ma menyinggung kebijakan Beijing di sektor keuangan pada November 2020.

Pada Agustus tahun lalu, Jack Ma dilaporkan tengah belajar melukis. Ia mempelajari lukisan cat minyak.

“Dimulai dengan gambar burung, bunga, dan kemudian beralih ke gaya abstrak,” demikian isi laporan The Wall Street Journal setelah melihat hasil karya pendiri Alibaba itu, dikutip dari Art News, tahun lalu (23/8/2021).

South China Morning Post (SCMP) juga pernah melaporkan pada Mei 2021, bahwa Ma mengunjungi Eropa dalam rangka tur studi pertanian dan teknologi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait