Peta Persaingan GoPay hingga OVO Setelah DANA Disuntik Sinar Mas

Lenny Septiani
12 Agustus 2022, 17:15
dana, sinar mas, lazada, ovo, gopay, shopeepay
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi DANA di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9/2019).

DANA memperoleh investasi dari Sinar Mas dan Lazada. Bagaimana peta persaingan dengan startup teknologi finansial (fintech) pembayaran lain seperti GoPay, OVO, LinkAja, dan ShopeePay.

VP of Corporate Communications Putri Dianita menyampaikan, Sinar Mas memberikan investasi US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun. Sedangkan Lazada masuk lewat Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

“Sinar Mas dan Lazada Group berinvestasi di DANA dalam penerbitan saham utama,” kata Putri kepada Katadata.co.id, Kamis (11/8). “Secara terpisah, Lazada juga membeli saham DANA dari Emtek sesuai keterbukaan informasi.”

Selain Sinar Mas dan Lazada, DANA juga didukung oleh jajaran investor besar seperti Emtek dan Group milik Alibaba. Grup Sinar Mas masuk melalui PT Dian Swastatika Sentosa.

Laporan lembaga riset pasar dan perilaku konsumen berjudul ‘Consumer Preference Towards Banking and E-Wallet Apps’ Populix pada Juli 2022 menunjukkan, DANA menempati posisi kedua dari sisi penggunaan. Persentasenya 83%.

Rincian urutan dan persentasenya sebagai berikut:

  1. GoPay 88%
  2. DANA 83%
  3. OVO 79%
  4. ShopeePay 76%
  5. LinkAja 30%
  6. i.Saku 7%
  7. Octo Mobile 5%
  8. Doku 4%
  9. Sakuku 3%
  10. JakOne mobile 2%

Data itu berdasarkan survei terhadap 538 responden, yang mayoritas berdomisili di Jakarta. Sebanyak 54% dari mereka berusia 18 – 25 tahun. Periode survei yakni 20 - 25 Mei.

Sebanyak 85% dari mereka menggunakan layanan fintech pembayaran untuk bertransaksi di e-commerce. Sebanyak 71% untuk menggunakan jasa taksi dan ojek online.

Rincian penggunaannya sebagai berikut:

  1. Transaksi e-commerce 85%
  2. Menggunakan jasa taksi dan ojek online 71%
  3. Isi ulang pulsa 69%
  4. Isi ulang saldo aplikasi lain 62%
  5. Bayar tagihan 50%
  6. Kirim uang 42%
  7. Bayar investasi 28%
  8. Hiburan 19%

Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan paling banyak yakni e-commerce dan berbagi tumpangan (ride hailing). GoPay unggul karena terhubung dengan Tokopedia dan Gojek.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...