YouTube Luncurkan 2 Fitur Baru Bantu Kreator Konten Raih Penghasilan

YouTube meluncurkan dua fitur baru yang memungkinkan kreator konten mendapatkan tambahan penghasilan di luar iklan. Bagaimana caranya mendapatkannya?
Lenny Septiani
16 Agustus 2022, 18:07
YouTube, ekonomi kreatif, youtuber
pexels.com/freestocks
Tampilan YouTube di smartphone

YouTube meluncurkan fitur Super Chat dan Super Sticker di Indonesia hari ini (16/8). Kreator konten (content creator) dapat memperoleh penghasilan melalui kedua tools ini.

Super Chat dan Super Stickers memungkin penggemar berinteraksi dengan kreator konten selama siaran langsung atau live chat. Penonton dapat membeli Super Chat untuk menandai pesan dalam live chat.

Penonton juga bisa menggunakan Super Stickers untuk melihat gambar digital atau animasi yang muncul di feed live chat.

Sedangkan kreator konten memperoleh sumber pendapatan tambahan melalui kedua fitur anyar itu.

Advertisement

Penonton dapat membeli Super Chat dan Super Stickers dengan berbagai harga mulai hari ini. Pembayarannya bisa menggunakan kode QR standar atau QRIS, kartu kredit hingga pulsa mulai dari telkomsel, XL, dan banyak lainnya.

Tidak hanya pada saat live streaming dan Premiere, penonton juga dapat mendukung kreator favorit dengan Super Chat dan Super Stickers di beragam video kreator.

Product Manager, Paid Digital Goods YouTube Barbara Macdonald mengatakan, kreator konten berkontribusi kepada ekonomi kreatif nasional. “Kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan baik dengan penggemar,” katanya dalam acara konferensi pers, Selasa (16/8).

Di Indonesia, ada lebih dari 50 ribu penonton di Indonesia yang berlangganan saluran atau channel di YouTube. Jumlahnya naik lebih dari 500% dibanding tahun sebelumnya atau year on year (yoy).

Pada bulan dan tahun yang sama juga terdapat lebih dari 1.500 channel di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube, seperti langganan channel. Jumlah tersebut naik 2.400% dari tahun sebelumnya.

“Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan Super Chat dan Super Stickers,” ujar Barbara.

Youtube juga akan meluncurkan fitur Super Thanks di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini memungkinkan penonton menunjukkan rasa terima kasih atas konten para kreator favorit.

Kreator konten bidang musik dan game di YouTube Christopher Devin mengatakan, monetisasi lewat fitur membantu mereka mendapatkan pendapatan sekaligus berinteraksi dengan pengguna.

“Super chat dan stiker memberi kreator akses ke sumber pendapatan tambahan sekaligus meningkatkan interaksi dengan komunitas kami,” kata Christopher.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait