Gojek & Tokopedia Makin Serius Bidik UMKM, Perkuat Bisnis Lewat 3 Cara

Lenny Septiani
23 Agustus 2022, 17:46
goto, gojek, tokopedia, umkm
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Mitra layanan ojek daring Gojek menunjukkan logo merger perusahaan Gojek dan Tokopedia yang beredar di media sosial di shelter penumpang Stasiun Kereta Api Sudirman, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

GoTo memperkuat sinergi Gojek dan Tokopedia melalui tiga cara yakni, situs web Mitra Usaha GoTo, Plus by GoTo, dan fitur GoFood. Langkah ini utamanya membidik Usaha Mikro, Keci, dan Menengah (UMKM).

Decacorn itu meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo hari ini (23/8). Ini merupakan pusat informasi terintegrasi bagi UMKM lokal, termasuk lebih dari 15,1 juta mitra usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Advertisement

“Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha,” ujar Corporate Affairs GoTo Nila Marita dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/8).

Fungsi dari situs web tersebut yakni:

  1. Membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir
  2. Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS
  3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore
  4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia
  5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala
  6. Seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG)
  7. Inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) hasil kolaborasi dengan Kemenkop UKM, dapat memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). UMKM dengan NIB terdaftar bisa mendapat kemudahan pengembangan usaha di antaranya sertifikasi halal, akses peminjaman modal hingga program bantuan pemerintah.

Bentuk penguatan sinergi ekosistem GoTo selanjutnya yakni PLUS by GoTo di platform Tokopedia. Pengguna bisa menggunakan paket ini untuk mendapatkan pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan pesanan lebih cepat, layanan prioritas hingga keuntungan eksklusif lain dari mitra strategis seperti Halodoc dan Vidio.

“PLUS by GoTo adalah contoh sinergi strategis antar-ekosistem di dalam Grup GoTo yang menawarkan nilai tambah kepada pengguna,” kata Direktur/Head of Marketplace Grup GoTo Anthony Wijaya dalam keterangan pers.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement