Bekasi dan Jaksel Jadi Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia

Bekasi dan Jakarta Selatan menjadi kota dengan nilai tengah kecepatan internet tertinggi di Indonesia. Sedangkan Makassar memimpin tahun lalu.
Desy Setyowati
20 Oktober 2022, 12:13
internet tercepat, bekasi, jakarta selatan
ANTARA FOTO/Andika Wahyu Widyantoro/hp.
Warga melakukan silaturahim secara virtual menggunakan telepon pintar

Bekasi dan Jakarta Selatan (Jaksel) menjadi kota dengan internet tercepat di Indonesia per September. Tahun lalu, Makassar menjadi provinsi dengan rata-rata kecepatan internet tertinggi di Tanah Air.

Berdasarkan laporan bertajuk Speedtest Global Index by Ookla, kecepatan internet di ponsel pintar (smartphone) di Bekasi 16,47 Megabit per detik (Mbps). Sedangkan Jakarta Selatan 16,14 Mbps.

Keduanya juga tercatat yang tertinggi dari sisi kecepatan internet melalui telepon atau fixed broadband. Kecepatan di Bekasi 27,04 Mbps dan Jakarta Selatan 27 Mbps.

Laporan itu mengukur kecepatan unduhan dan unggahan internet di hampir 200 kota di dunia. Yang dihitung adalah median atau nilai tengah dari data yang dikumpulkan.

Advertisement

Hasilnya menunjukkan, Cina menduduki daftar puncak. “Shanghai menjadi kota dengan kecepatan unduhan internet rata-rata tercepat yakni 158,63 Megabit per detik (Mbps) selama September,” demikian dikutip dari laporan, Senin (17/10).

Sedangkan Beijing, Cina menduduki perangkat teratas dari sisi internet fixed broadband. “Kecepatan unduhan rata-ratanya 238,86 Mbps,” demikian dikutip.

Ookla hanya meneliti dua kota terbesar di masing-masing negara, yang memiliki penduduk lebih dari 500 ribu. Setidaknya ada 34 negara yang diteliti. Rinciannya sebagai berikut:

Kecepatan internet di kota-kota besar di dunia
Kecepatan internet di kota-kota besar di dunia (Speedtest by Ookla)

Secara global, kecepatan unduh 33,17 Mbps dan unggahan 9,03 Mbps. Sedangkan kecepatan  unduh menggunakan internet broadband 71,41 Mbps dan unggahan 30,65 Mbps.

Rerata Kecepatan Internet Makassar Tercepat di Indonesia

Ookla juga meneliti kecepatan internet rata-rata mean di tiap provinsi di Indonesia. Namun data terbarunya yakni kuartal III 2021.

Berdasarkan data tersebut Makassar menjadi provinsi dengan rata-rata kecepatan internet tertinggi di Indonesia. Rinciannya sebagai berikut:

Provinsi dengan rata-rata kecepatan internet tertinggi di Indonesia
Provinsi dengan rata-rata kecepatan internet tertinggi di Indonesia (Ookla)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait