Telkomsel dan Indihome Akan Merger, Pengguna Produk Gabungan Naik 300%

Lenny Septiani
31 Oktober 2022, 10:42
telkomsel, indihome, telkom
TELKOMSEL.COM
Telkomsel

Telkomsel dan Indihome berencana merger. Produk gabungan keduanya yakni Smooa pun mencatatkan pertumbuhan jumlah pengguna empat kali lipat atau 300% secara tahunan (year on year/yoy).

Smooa merupakan produk sinergi Telkom dan Telkomsel. Ini berupa layanan add-on IndiHome yang menawarkan paket kuota, telepon, dan SMS dari Telkomsel yang dapat dibagikan ke tiga sampai enam nomor ponsel berbeda.

“Produk Smooa masuk dalam inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) Telkom. FMC, mengacu pada IndiHome,” kata Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan dalam keterangan pers, Minggu (30/10). Layanan ini tersedia sejak 2020.

IndiHome menyediakan layanan fixed broadband yaitu internet, telepon dan TV interaktif. Sedangkan Telkomsel menghadirkan layanan mobile broadband seperti kuota internet, sms hingga telepon.

“Meski sudah gabung produk FMC ini belum dihubungkan satu sama lain. kuota produk masih sendiri-sendiri antara Telkomsel dan Indihome,” kata Kurniawan dalam acara Perang Tarif Internet: Mungkinkah Menular ke Penyedia Fixed Broadband, pekan lalu (24/10)

Indihome mencatatkan pertumbuhan pendapatan 6,4% yoy menjadi Rp 20,9 triliun pada kuartal III. Kontribusi lini bisnis itu terhadap pendapatan Telkom meningkat dari 18,5% pada kuartal III 2021 menjadi 19,2% tahun ini.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...