FBI Imbau Warganet RI dan Dunia Pakai AdBlock saat Nataru, Apa Itu?

FBI mengimbau warganet Indonesia untuk menggunakan AdBlock saat menggunakan mesin pencarian atau browser seperti Google Chrome, selama libur Natal dan Tahun Baru.
Lenny Septiani
27 Desember 2022, 16:10
FBI, penipuan, natal dan tahun baru
FBI
FBI imbau warganet menggunakan AdBlock saat libur Natal dan Tahun Baru 2023

Biro Investigasi Federal atau Federal Bureau of Investigation (FBI) Amerika Serikat (AS) menyarankan pengguna internet di dunia, termasuk Indonesia, menggunakan adblock selama libur Natal dan Tahan Baru (Nataru).

Alasannya, ada modus kejahatan siber baru menggunakan iklan di situs website. Pelaku meniru iklan merek (brand) terkenal, seperti bursa mata uang kripto.

"Saat pengguna menelusuri bisnis atau layanan itu, iklan muncul di bagian paling atas hasil penelusuran dengan ukuran yang hampir menutupi isi konten," kata FBI dalam laman resmi, dikutip Selasa (27/12).

Ketika iklan diklik, maka warganet akan dibawa ke situs web yang dibuat mirip dengan laman resmi perusahaan. Netizen kemudian diminta mengunduh perangkat lunak (software) berisi malware.

"Halaman unduhan terlihat resmi dan link atau tautan diberi nama menurut program yang ingin diunduh pengguna," katanya. Begitu diklik, “pelaku mendapatkan akses untuk mencuri uang korban.”

FBI pun mengimbau warganet menggunakan pemblokir iklan, seperti AdBlock yang telah digunakan oleh lebih dari 60 juta pengguna. Fungsi AdBlock yakni:

  1. Memblokir pop up, iklan, dan spanduk yang mengganggu atau bahkan menghapus iklan video di YouTube , Facebook, Twitch, dan lainnya
  2. Memblokir pelacak pihak ketiga dan lindungi privasi
  3. Membuat proses pencarian kata kunci alias browsing menjadi lebih aman, karena memblokir iklan berisi malware, penipuan, dan penambang mata uang kripto
  4. Mempercepat waktu muat halaman
  5. Menyesuaikan pengalaman dengan filter, whitelists, mode gelap, dan tema warna-warni lainnya
  6. Mencadangkan dan menyinkronisasi whitelists dan aturan pemblokiran iklan khusus di seluruh profil Chrome
  7. Mendapatkan dukungan dari tim AdBlock dan Pusat Bantuan

Cara menambahkan Adblock Plus ke browser seperti Google Chrome, yakni:

  • Membuka halaman unduh Chrome
  • Klik tombol instal berwarna hijau
  • Maka layar kecil akan muncul meminta untuk mengonfirmasi untuk pengunduhan Adblock Plus Chrome
  • Klik "Tambah" untuk mengunduh Adblock Plus
  • FBI juga membagikan tips untuk mencegah penipuan siber, di antaranya:
  • Sebelum mengklik iklan, periksa URL untuk memastikan situs tersebut asli
  • Memperhatikan nama domain berbahaya yang mungkin mirip dengan URL yang dituju. Periksa ada tidaknya kesalahan ketik atau huruf yang salah tempat.
  • Ketik URL situs bisnis di kolom alamat browser internet untuk mengakses situs web resmi secara langsung
  • Menggunakan ekstensi pemblokiran iklan saat melakukan pencarian di internet

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait