Menteri Kominfo Komentari OJK soal Yogyakarta Pusat Hacker

OJK memantau perkembangan hacker di Yogyakarta. Apa tanggapan Menteri Kominfo Johnny G Plate?
Lenny Septiani
4 Januari 2023, 18:22
ojk, kominfo, yogyakarta, hacker
SecurityMadeSimple.org
Ilustrasi hacker

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut Yogyakarta sebagai tempat berkembangnya peretas atau hacker secara nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate tidak bisa memverifikasi hal ini.

“Mungkin banyak temuan OJK terjadi di sana. Saya tidak tahu," kata Johnny kepada Katadata.co.id, Rabu (4/1).

Sepengetahuannya, DI Yogyakarta merupakan daerah dengan banyaknya kreator dan investor teknologi digital. “Kami dukung generasi muda untuk menjadi kreator konten yang hebat,” tambah dia.

Namun berharap teknologi digital yang dikembangkan oleh generasi muda Indonesia digunakan untuk hal yang bermanfaat.

Sebelumnya, Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Agus Fajri Zam menuturkan bahwa para peretas di Yogyakarta bermunculan. Mereksa membuat sistem program peretas keamanan pribadi.

"Kok bisa itu mulai berkembang. Mereka yang membuat programming yang merugikan (masyarakat) mulai bermunculan di Yogyakarta," kata Agus saat media briefing Mekanisme Penanganan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan di Jakarta, minggu lalu (26/12).

Selain Yogyakarta, Tulung Selapan, Sumatera Selatan disebut menjadi pusat kegiatan phising dan skimming. Agus mengingatkan agar masyarakat tidak terpancing untuk menerima pesan yang masuk.

"Perlu diberikan penekanan ke masyarakat untuk tidak gegabah menerima pesan WhatsApp, telepon ataupun email yang masuk," ujar Agus.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait