Berbagi Password Netflix Hanya Bisa ke Keluarga Mulai Maret

Desy Setyowati
3 Februari 2023, 10:48
Netflix, berbagi password netflix
Netflix
Netflix

Netflix mengumumkan fitur anti-berbagi password atau kata sandi di Amerika Serikat (AS). Kebijakan ini baru akan diterapkan di tiga negara.

“Akun Netflix hanya untuk orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah tangga atau keluarga,” kata perusahaan dalam laman resmi, Jumat (3/1).

Orang yang tidak tinggal serumah dengan pengguna Netflix, harus mengajukan langganan sendiri dan membayar terpisah.

Jika orang lain di luar rumah mencoba untuk masuk ke akun Netflix menggunakan gadget yang belum didaftarkan, maka perusahaan akan meminta verifikasi.

“Kami melakukan ini untuk mengonfirmasi bahwa perangkat yang menggunakan akun tersebut memiliki wewenang,” ujar Netflix.

Netflix menggunakan informasi seperti alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun dari perangkat yang masuk ke akun guna memverifikasi gawai.

Cara memverifikasi gawai supaya bisa dipakai untuk menonton konten di Netflix saat di luar rumah, sebagai berikut:

  • Netflix mengirimkan tautan atau link ke email atau nomor telepon terkait pemilik akun utama
  • Ketika link diklik, maka laman Netflix terbuka dan memuat kode verifikasi 4 digit
  • Kode harus dimasukkan ke gawai yang meminta verifikasi dalam 15 menit
  • Jika kode kedaluwarsa, Anda harus meminta kode verifikasi baru
  • Setelah berhasil, handphone yang berada di luar rumah tersebut bisa digunakan untuk menonton Netflix

“Verifikasi perangkat mungkin dilakukan berkali-kali,” ujar Netflix.

Netflix menyarankan pengguna memperbarui kata sandi (password) secara rutin. Ini guna mencegah orang lain menggunakannya tanpa izin.

Lalu, bagaimana jika pengguna Netflix sedang berada di luar rumah? “Jika Anda pemilik akun utama atau tinggal bersama mereka, Anda tidak perlu memverifikasi perangkat,” jawab perusahaan.

Namun jika Anda keluar rumah untuk waktu yang lama, Netflix mungkin meminta untuk memverifikasi gawai sesekali. “Ini guna memastikan bahwa perangkat yang menggunakan akun itu memiliki otorisasi,” ujar perusahaan.

Netflix menjelaskan, setiap paket menentukan berapa banyak perangkat yang dapat memutar Netflix secara bersamaan. Ini selama gawai yang digunakan suda diverifikasi oleh perusahaan.

Juru bicara Netflix Kumiko Hidaka mengatakan, fitur anti-berbagi password itu baru diumumkan di Chili, Kosta Rika, dan Peru. The Verge melaporkan, perusahaan sudah menguji coba fitur ini di negara-negara itu pada tahun lalu.

“Netflix meluncurkan penawaran ‘Anggota Tambahan’ di Chili, Kosta Rika, dan Peru pada Maret, tetapi belum tersedia di negara lain,” kata dia dikutip dari The Verge.

“Pada kuartal I, kami memperkirakan akan mulai meluncurkan pembagian berbayar secara lebih luas ke negara lain,” tambah dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait