Tokopedia Bagikan Tips Promosi Saat Ramadan

Ramadan tersisa sebulan lagi. Tokopedia pun membagikan tips promosi kepada UMKM supaya bisa mendongkrak penjualan selama bulan puasa.
Laporan The Trade Desk menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana berbelanja saat Ramadan. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital.
Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi membagikan tips paling dasar bagi UMKM yaitu 3P atau product, price, dan promotion. Rinciannya sebagai berikut:
- Produk yang dijual memberikan deskripsi yanh lengkap
- Produk image atau foto yang profesional bukan asal potret
- Harga bersaing
Edwin mengatakan, masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan pada Ramadan 2022. “Ada kenaikan jumlah pesanan 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play naik 60,5%,” ujarnya dalam acara media briefing, Kamis (23/2).
"Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions," ujar Edwin. Sarana promosi yang bisa digunakan yakni:
- Banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’)
- Banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’)
- Permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’)
- Kanal video streaming (‘Tokopedia Play’)
- Fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’)
- Menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’)
- Menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’)
- Beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’)
- Memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’)
Tokopedia pun menyediakan kampanye selama Ramadan, seperti:
- Lebih Ekstra di Peak Day
- Lebih spesial dengan GoPay kupon
- Lebih mudah dengan GoPay cicil
- Lebih untung dengan bebas ongkir dan voucher toko
- Bazar brand pilihan
- Ramadan Ekstra
- Serbu Official Store
- Waktu Indonesia Belanja
- CantikFest
Kampanye tersebut digelar selama 20 Maret - 30 April.
"Pelaku bisnis bisa berpartisipasi pada berbagai kampanye tersebu dan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions," kata Edwin.
Chief Operating Officer Kintakun Vincent Saputra mengungkapkan pesanan Kintakun naik 52% saat Ramadan tahun lalu. Pendapatan pun naik 95%.
Sedangkan jumlah pesanan Garudafood naik 143%. “Peningkatan pendapatan 179% selama Ramadan 2022," kata Marketing Director Garudafood Ferry Haryanto.