Perbandingan Transaksi GrabFood Grab dan GoFood Gojek

Grab dan induk Gojek, GoTo sudah mengumumkan laporan keuangan 2022. Namun keduanya tidak memerinci nilai transaksi bruto atau GMV khusus pesan-antar makanan GrabFood maupun GoFood.
Grab menjelaskan GMV pengiriman barang dan makanan Grab yakni GrabExpress dan GrabFood naik 15% menjadi US$ 9,83 miliar atau sekitar Rp 154,2 triliun sepanjang tahun lalu.
Pendapatan dari kedua layanana itu naik 349% menjadi US$ 663 juta.
Sedangkan GoTo mengumumkan GTV keseluruhan Gojek termasuk GoFood, GoSend, GoRide hingga GoCar yakni Rp 61,6 triliun atau naik 22%. Sedangkan pendapatan naik 32% menjadi Rp 13,6 triliun.
Meski begitu, perusahaan venture building Momentum Works meluncurkan laporan tentang perkiraan transaksi GoFood, GrabFood hingga ShopeeFood.
Transaksi GrabFood besutan Grab di Indonesia US$ 4,22 miliar atau sekitar Rp 64,4 triliun selama 2021 – 2022, menurut data perusahaan venture building Momentum Works. Nilainya tujuh kali lipat dibandingkan ShopeeFood milik Shopee.
“Grab satu-satunya yang mempertahankan pertumbuhan nilai transaksi bruto atau GMV secara berturut-turut selama tiga tahun,” demikian dikutip dari laporan Momentum Works, pada Januari (17/1).
GMV GrabFood, GoFood Gojek, dan platform pesan-antar makanan lain di Asia Tenggara selama 2020 – 2022 secara rinci dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:
“GMV (GoFood) Gojek sudah tiga tahun stagnan. Ini cermin dari dinamika dan persaingan di pasar Indonesia,” kata Momentum Works.